3 PLTA di Jawa Barat Mampu Hemat BBM Hingga Rp15 T

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2014 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 28 19 948085 WHIMyFP334.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

BANDUNG - Saat ini Jawa Barat memiliki tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang masing-masing bisa memberikan kontribusi yang cukup besar dalam upaya pemerintah dalam penghematan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

General Manager Unit Bisnis Pembangkit PLTA Saguling PT Indonesia Power, Del Eviondra mengungkapkan, tiga PLTA yang berada di Jawa Barat tersebut, yakni PLTA Saguling yang kapasitas 700 Mega Watt (MW) dengan produksi listrik 2156 GwH per tahun, PLTA Cirata yang kapasitas 100 mw dengan produksi 1426 GwH per tahun, PLTA Jatiluhur yang kapasitas 180 mw dengan produksi 790 GwH per tahun.

"Tidah PLTA ini menghemat BBM setara dengan 1,3 juta ton per tahun atau setara dengan Rp15 triliun per tahun," ungkap Eviondra saat Media Gathering PT PLN (Persero), Dago, Bandung, Jumat (28/2/2014).

Eviondra menambahkan, tidak hanya mampu menghemat penggunaan BBM, seluruh PLTA yang bersumber dari Sungai Citarum ini juga mampu memberikan manfaat yang lain bagi masyarakat. Tentunya bukan hanya listrik saja yang dapat dimanfaatkan.

"Sebagai multipurpose waduk, air minum, pertanian, perikanan, konservasi, dan lain-lain," tambahnya.

Namun, sambung Eviondra, pemanfaatan yang dapat dimanfaatkan selama ini terancam tingkat kebaikannya. Yakni dengan adanya tangan-tangan usil yang sengaja membuang limbah ke sungai Citarum.

"Kualitas air sungai Citarum dari waktu ke waktu makin buruk, Golongan D, diakibatkan limbah pabrik atau industri yang dibuang ke sungai Citarum, limbah batu bara. Limbah rumah tangga," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini