Share

24 Proyek Pelabuhan Ditawarkan kepada Swasta

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2015 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 06 320 1145522 24-proyek-pelabuhan-ditawarkan-kepada-swasta-x1Cqgau9F1.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah akan membangun 24 pelabuhan laut sebagai salah satu cara mendorong pembangunan infrastruktur dalam waktu lima tahun ke depan. Proyek tersebut merupakan proyek infrastruktur yang ditawarkan kepada pihak swasta.

Presiden Direktur PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF), Sukatmo Padmosukarto mengatakan, pemerintah secara jelas dalam lima tahun ke depan akan membangun 24 pelabuhan laut. Selain itu, juga membangun bandar udara dan ruas jalan tol untuk menarik minat swasta berinvestasi di Indonesia.

"Jalan tol seperti di Pulau Jawa dan Sumatera, membuat pihak swasta menarik karena daerah tersebut merupakan daerah dengan trafik yang tinggi. Cukup menghasilkan revenue," ujar Sukatmo dalam MNC Business, Rabu (6/5/2015).

Yang diperlukan pemerintah, lanjut Sukatmo, segera memprioritaskan proyek mana yang diserahkan swasta. Banyak pihak swasta yang tertarik.

"Inilah tuntutan dari swasta, agar proyek-proyek kerjasama ini dipersiapkan dengan baik. Kalau misal proyeknya tidak secara komersial seperti proyek jalan tol yang trafiknya kurang, maka pemerintah yang menyediakan lahannya," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini