Share

Sistem Manifest Generasi III Pangkas Dwelling Time hingga 20%

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 07 Januari 2019 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 07 320 2001091 sistem-manifest-generasi-iii-pangkas-dwelling-time-hingga-20-OiTWzyojDo.jpg Foto: Taufik Okezone

JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah implementasikan manifest generasi III. Di mana program tersebut merupakan Reformasi Kepabeanan dan Cukai dalam rangka membangun smart customs and excise system untuk menciptakan proses bisnis yang mudah, murah, cepat, transparan, efektif dan efIsien.

"Jadi, dengan manifest generasi III ini bisa, menurunkan waktu bongkar muat sebesar 19,69% pada tahapan pre-clearance pada proses pengajuan," ujar Direktur Teknis Kepabeanan Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu Fadjar Donny Tjahjadi di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (7/1/2019).

 Baca Juga: Bea Cukai Terapkan Manifest Generasi III, Apa Itu?

Dia menjelaskan bahwa pengajuan perubahan atau redress data yang biasa memakan waktu 5-6 jam itu, nantinya akan menjadi 15 menit saja. "Dan ada penurunan jumlah waktu permohonan redress dari 550 menjadi 289 permohonan atau turun 47,45%," tuturnya.

Dia menuturkan, bahwa ada penurunan waktu dwelling time, itu salah satu hasil penghitungan implementasi manifest generasi III di lima pelabuhan besar di Indonesia.

"Seperti, Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak, Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Makassar," jelasnya.

 Baca Juga: Menhub Berambisi Pangkas Dwelling Time Demi Peningkatan Ekspor

Memasuki tahun 2019, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan terus menciptakan berbagal inovasi dan strategi dalam rangka merespons pesatnya perkembangan industri yang sudah memasuki tahap industri 4.0.

Langkah strategis dilakukan dengan menyempurnakan proses bisnis di segala lini dan inovasi serta modernisasi mengikuti perkembangan perekonomian global di era digitaI. Hal Ini merupakan salah satu Iangkah Bea Cukai untuk dapat meningkatkan kemudahan dan kelancaran arus barang sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan bahwa salah satu sistem terbaru yang tengah diimplementasikan Bea Cukai adalah Manifest Generasi III.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini