Share

Kejar Dwelling Time, Aparat Bea Cukai Diminta "Lembur" Sabtu-Minggu

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 21 320 1862757 kejar-dwelling-time-aparat-bea-cukai-diminta-lembur-sabtu-minggu-Kvbf4VvBdD.jpg Pelabuhan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Waktu bongkar muat (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok tercatat masih 4,7 hari. Meksi waktu masih lama, pemerintah mengupayakan biaya murah dengan memaksimalkan pelayanan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui, dwelling time itu optimalnya 3 hari. Meski begitu, sekarang ini yang jadi bahasan utama adalah berapa total biaya yang harus dibayar oleh ekspotir atau importir dengan lebih murah.

"Sebenarnya dwelling time jadi 4 hari tidak masalah kalau over all biaya jadi murah. Jadi kita turunkan dwelling time tapi asensinya turunkan biaya. Akhir bulan kita excercise di (Pelabuhan) Tanjung Priok untuk lebih cepat, lebih murah," tuturnya, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Baca Juga: Bongkar Muat Dwelling Time Masih 3 Hari, Ini Rinciannya!

Budi tidak mendetailkan cara yang akan dilakukan untuk menurunkan biaya lebih murah dan waktu bongkar muat seperti apa. Hanya saja, kata Budi, pada prinsipnya pelayanan di pelabuhan itu harus konsisten.

"Kan kadang tidak konsisten, ada yang gak tau itu kita ajak sama-sama. Paling sederhana Sabtu, Minggu masuk, jadi pelayaran terjadi, bisa persetujuan. Itu kan ada ketentunnya. Di Surabaya (Pelahuban Tanjunng Perak) udah terjadi," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Arif Toha mengatakan, rata-rata proses penurunan waktu tunggu bongkar muat di pelabuhan Tanjung Priok untuk bulan Januari 2018 mencapai 4,71 hari.

"Untuk Priok itu 4,71 hari. Itu rata-rata dari 120 ribu petikemas di bulan Januari 2018," ungkapnya.

Dia menjelaskan, waktu bongkar muat yang memakan lebih dari 4 hari ini, disebabkan beberapa tahap yang harus dilalui hingga barang berpindah dari pelabuhan. Tahap ini pun melibatkan banya pihak terkait sehingga mempengaruhi dwelling time.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini