nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenperin Tetapkan 1 Oktober Menjadi Hari Kopi Nasional

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2015 11:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 10 01 320 1224114 kemenperin-tetapkan-1-oktober-menjadi-hari-kopi-nasional-seGIJFg8rl.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengelar pencanangan hari kopi internasional di Indonesia. Di mana pada Maret 2014, Indonesia dan negara-negara anggota yang tergabung dalam Internasional Coffe Oerganization (ICO) sepakat untuk mengatur perayaan pertama Internasional Coffe Day pada 1 Oktober 2015 untuk membuat satu hari perayaan bagi pecinta kopi di seluruh dunia.

"Pada puncak perayaanya nanti, akan ada 74 negara anggota ICO dan 26 asosiasi kopi dari seluruh dunia akan bergabung untuk perayaan resmi pertama hari kopi dunia. Puncak perayaan akan kita lakukan dalam rangkaian World Expo Milani 2015 di Milan, Italia," tutur Menteri Perindustrian Saleh Husin, di Kemenperin, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Saleh mengatakan, tepat hari ini, banyak negara-negara di dunia ikut merayakan hari kopi internasional. Untuk itu, Saleh pun akan melakukan perayaan ini setiap tahun di Indonesia.

Tujuan merayakan budaya kopi yang sudah mengakar di masyarakat Indonesia adalah gerakan meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi nusantara,serta mempromosikan peningkatan konsumsi kopi nusantara.

"Yang terpenting pastinya meningkatkan ekpor produk kopi ke pasar internsional, kan nantinya akan meningkatkan kesejahteraan seluruh rantai nilai perkopian Indonesia,"tuturnya.

Dalam pencanangan hari kopi ini hari ini, turut hadir Gabungan Kopi Indonesia, Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia, Asosiasi Kopi Spesial Indonesia dan Asosiasi Kopi Luwak Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini