Wapres JK 'Rapat Meja Bundar' dengan Wartawan

Hendra Kusuma, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2015 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 22 320 1272873 wapres-jk-rapat-meja-bundar-dengan-wartawan-89w1r2RbgN.jpg Wapres JK bersama Wartawan (Foto : Hendra/Okezone)

JAKARTA – Selama satu tahun lebih saling menerapkan simbiosis mutualisme, akhirnya Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengajak para awak media untuk makan siang bersama.

Bertempat di Kantor Wakil Presiden Jalan Veteran, JK yang lengkap ditemani oleh para bawahannya masuk ruangan santap siang sekira pukul 11.35 WIB. Seisi ruangan pun sontak berdiri ketika JK memasuki ruangan makan yang terletak di ruang pertemuan Kantor Wapres.

"Ini (tempatnya) seperti rapat meja bundar," kata JK sambil menuju tempat duduknya, Selasa (22/12/2015).

Penataan posisi silaturahmi antara JK dengan wartawan yang meliput di lingkungan RI 2 ini memang seperti layaknya sidang atau rapat. Beberapa meja ditata saling berhadapan dengan wartawan bebas memilih tempat duduk yang diselingi oleh para bawahan JK yang sudah ditetapkan.

Sebelum acara makan siang bersama dimulai, JK mempersilakan para wartawan yang sering meliput kegiatannya menyampaikan masukan sampai keluh kesahnya selama menjadi bagian pemberitaan RI 2.

Seusai lima wartawan menyampaikan kesan-kesannya, JK pun ikut menyampaikan beberapa pesan kepada para jurnalis. Salah satunya, JK mengaku, sangat fasih dalam membedakan mana wartawan yang sering meliput kegiatannya dan mana yang jarang.

"Saya sering bilang, saya itu dengan tutup mata saya bisa bedakan mana wartawan pusat mana wartawan daerah, seperti wartawan daerah itu kalau bertanya langsung saja, tidak pakai background," kata JK.

Selain itu, pinta JK, para awak media juga harus lebih pandai dalam memanfaatkan waktu kerjanya. Menurut dia, para jurnalis yang biasa meliput kegiatan di lingkungan RI 2 perlu mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya menambah pengetahuan.

"Di atas ini kan banyak nganggurnya, kenapa tidak diberikan perpustakaan, atau les bahasa Inggris satu jam satu kali sehari, karena kalau keluar negeri kan bisa kursus dulu. Untuk meningkatkan kemampuan, kalau mau sekolah lagi, nanti saya bantukan," ujarnya.

Acara makan siang yang tidak terlalu panjang tersebut diakhiri dengan selfie bersama antara JK dengan para awak media yang mengikuti acara tersebut.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini