Syarat Saham untuk Masuk Indeks LQ45

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 01 Februari 2016 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 01 278 1301908 syarat-saham-untuk-masuk-indeks-lq45-WsmlUV0zFO.jpg Ilustrasi : Reuters

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali meluncurkan jajaran 45 saham terbaik atau LQ-45 Feature. Ada tiga saham yang masuk kedalam jajaran ini diantaranya PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) dan PT Hanson International Tbk (MYRX).

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Alpino Kianjaya mengatakan, saham yang masuk dalam LQ-45 merupakan saham pilihan. Ada beberapa kriteria saham yang bisa masuk ke LQ-45 salah satunya mempunyai kapitalisasi pasar yang cukup besar.

"Kemudian kriteria selanjutnya dilihat dari likuiditasnya. Ada tiga kriteria liquidity dilihat dari frekuensi, volume dan value," jelasnya di Gedung BEI, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Selain itu, Alpino juga menegaskan catatan pergerakan saham juga harus bersih dari hukuman, seperti diberhentikan perdagangan sahamnya sementara (suspensi).

"Jadi dilihat dari transaksi setiap hari. Artinya ada jika ada satu dua hari kena suspensi karena ada beberapa hal, tentunya itu tidak liquid dan tidak akam masuk LQ-45," imbuhnya.

Selain itu, Alpino juga menegaskan bukan berarti saham-saham yang telah masuk kedalam LQ-45 tidak bisa lenger dari deretan 45 saham terbaik. Jika dalam perjalannya kriteria tersebut tidak lagi terpenuhi maka sahamnya bisa digantikan oleh saham emiten lainnya.

"Sebaliknya juga yang di luar LQ-45 punya kemungkinan untuk masuk. Kita tahu LQ-45 hanya 45 saham, artinya emiten berlomba-lomba untuk masuk ke deretan 45 ini. Jadi wajar ada yang masuk dan keluar," pungkasnya.

Sekedar informasi, hari ini BEI telah kembali mengaktifkan produk derivatif Kontrak Berjangka Indeks Efek LQ-45 Feature. Produk ini diharapkan mampu membantu para investor sebagai sarana lindung nilai (hedging).(rai)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini