Share

Likuidasi Petral Sudah Rampung Februari 2016

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 04 April 2016 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 04 320 1353712 likuidasi-petral-sudah-rampung-februari-2016-2U9UwjaF0a.jpg Gedung Pertamina. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengungkapkan proses formal likuidasi Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) beserta anak usahanya telah di lakukan hingga Februari 2016.

Direktur Keuangan Pertamina Arif Budiman menjelaskan, sejak Mei 2015 telah dilakukan uji tuntas keuangan dan legal serta audit investigasi kepada Petral Group. Pihaknya juga telah menggandeng konsultan Independent untuk melakukannya.

"Untuk forensik sudah dituntaskan pada 31 Oktober 2015 dan hasilnya telah dilaporkan ke pemegang saham dan pemerintah," terangnya di Gedung Pertamina, Jakarta, Senin (4/4/2016).

Lebih jauh Arif menjelaskan, untuk proses likuidasi terbagi tiga proses. Likuidasi untuk anak usaha Petral Zambesi Investments Limited (Zil) yang bermarkas di Hong Kong telah dilakukan pada 17 Desember 2015. Hasilnya satu kapal disana sekarang beralih kelola oleh Pertamina.

(Baca Juga: Hasil Audit Petral Capai 100 Lembar)

Kemudian untuk Petral sendiri yang juga bermarkas di Hongkong juga telah dilakukan likuidasi pada 1 Februari 2016. "Jadi untuk Zambesi dan Petral tinggal menunggu tax clearance, pajak terkait di Hong Kong, setelah ada tax clearance dapat segera ditutup," imbuhnya.

Sementara untuk Pertamina Energy Services Pte.Ltb (PES) masih ada permasalahan utang piutang yang harus diselesaikan di Singapura.

"Grup Petral sudah masuk likuidasi semua, terutama Singapura ada perusahaan likuidator agar semua kewajiban dan tanggung jawab diselesaikan. Di Hong Kong (Petral dan Zambesi) tinggal tax clearance. Yang di Singapura, kami telah melakukan proses penagihan hutang piutang," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini