Share

BPK Siap Audit Petral Lagi

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 09 Desember 2015 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 09 320 1263907 bpk-siap-audit-petral-lagi-GXA9c2eB5O.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mempertimbangkan melakukan audit kembali anak usaha PT Pertamina (Persero) yaitu PT Pertamina Energy Trading Li‎mited (Petral).

Sebelumnya, BPK pernah melakukan audit Petral pada tahun 2012-2013 mengenai laporan keuangan Petral saat itu. Namun, hasil audit tersebut disebutkan adanya indikasi kerugian negara yang dilakukan oleh Petral.

‎"Kita belum putuskan lagi apakah akan audit lagi ke Petral atau tidak, yang jelas sedang kita timbang-timbang apakah audit itu perlu lagi atau tidak," jawab Harry di Harry di Crown Plaza Hotel, Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Hasil audit BPK atas Petral ini memang berbeda dengan hasil audit forensik yang telah dilakukan auditor independen, Kordamentha yang menemui adanya indikasi kerugian negara akibat proses tender BBM dan minyak mentah.

Menurut Hary, sangat dimungkinkan BPK kembali melakukan audit Petral jika temukan data atau laporan mengenai indikasi kerugian negara. Data atau laporan ini pun sudah dirilis oleh Kordamentha.

Lanjut Harry menjelaskan, terdapat dua skema BPK untuk melakukan audit ulang ke Petral. Pertama, yaitu atas inisiatif BPK melalui data-data yang ditemukan, kedua, atas permintaan DPR RI. Tetapi pertimbangan BPK melakukan kembali audit Petral tidak ditargetkan. Keputusan audit kem‎bali atau tidak tergantung dari perkembangan penyelidikan yang sedang dilakukan.

"Jadi sampai sekarang kita belum ada permintaan resmi dari DPR. Tapi tidak sekedar itu, kita bisa juga melihat situasi apabila ada data baru yang kita akan periksa maka kita ajukan dalam siang badan, kalau disetujui, kita lakukan," paparnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini