Share

Pemerintah Harus Berani Mendesentralisasi Fungsi Jakarta

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2016 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 10 470 1384607 pemerintah-harus-berani-mendesentralisasi-fungsi-jakarta-ckwSVF8Rw7.jpg Ilustrasi: scienceinpublic

JAKARTA - Keterbatasan lahan menjadi salah satu alasan dipilihnya reklamasi sebagai solusi. Namun, langkah tersebut menuai beragam pro dan kontra.

Menurut Ahli Tata Ruang dari Universitas Indonesia Hendricus Andy Simamarmata, reklamasi yang dilakukan di Pantai Utara Jakarta saat ini justru bukan solusi ideal untuk meretas masalah over density dan keterbatasan lahan.

Dia mengatakan, seharusnya pemerintah pusat sudah mulai mendesentralisasi fungsi Jakarta sebagai pusat kota. Seperti memindahkan pusat kegiatan pendidikan dan pelabuhan misalnya. (Baca juga: Reklamasi Tak Bisa Dilakukan secara Sembarangan)

 

"Kaya pendidikan dan pelabuhan jangan lagi ditumpuk di Jakarta, harus disebar di luar Jakarta, sehingga tekanan penduduk berkurang, sekarang kan 'gula'-nya enggak disebar," kata Andy, di Jakarta, Selasa (10/5/2016), dalam diskusi 'Menilik Reklamasi Sebagai Bagian dari Ketahanan Lingkungan Nasional'.

Menurut dia, untuk menyelesaikan masalah di Jakarta bukan dengan reklamasi. Namun, mencabut pusat aktivitas yang ada di Jakarta, lalu kemudian menyebarnya sehingga investor pun turut tersebar. (Baca juga: Heboh Soal Reklamasi, Begini Pendapat Bos Summarecon)

"Supaya ekosistemnya balik lagi, bisa di sebar ke Jabodetabek, menurut saya solusinya berani mencabut fungsinya itu, terus mengintegrasikan Jabodetabek," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini