Share

Waspadai Penipuan Jual Rumah Bekas

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2016 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 11 470 1385870 waspadai-penipuan-jual-rumah-bekas-KntyCoTOHS.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Melakukan transaksi apa pun, termasuk jual beli rumah, apartemen, ruko, bahkan tanah di dunia online sudah jamak dan sangat memudahkan. Namun, perlu diwaspadai pula banyak orang dengan berbagai modus berusaha memanfaatkan kelengahan Anda untuk mengeruk keuntungan melalui penipuan.

Rumah termasuk kebutuhan primer manusia, karena itu selalu saja ada orang yang mencarinya dan berniat membelinya. Kenyataan ini dimanfaatkan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab dengan mencoba melakukan penipuan berkedok penjual rumah. Memang, mencari rumah bekas yang sesuai dengan keinginan Anda bukan hal yang mudah. Anda harus cermat dalam memilihnya, karena dapat terjebak dengan beberapa hal yang luput dari perhatian.

Banyak modus dan cara yang dilakukan oleh penipu untuk melancarkan aksinya, memperdayai korban dan mengambil keuntungan secara pribadi. Ada beberapa modus baru penipuan yang harus Anda waspadai yang menyangkut tentang jual beli dan sewa properti. Dengan lebih berhati-hati dan berpikir secara rasional, kita akan terhindar dari penipuan.

Penipuan online tentang bisnis properti yang harus Anda waspadai, yaitu hal-hal penawaran iklan yang berhubungan dengan harga dan letak properti tersebut dibangun. Pertama, iklan properti dengan harga murah. Anda perlu membandingkan harga di pasaran umum untuk jenis properti yang ditawarkan, jika ada yang menawarkan harga yang lebih murah, apakah sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Sebaiknya cari informasi yang lebih lengkap, mengenai penawaran fasilitas lengkap tersebut. Iklan properti dengan letak strategis juga mesti diwaspadai.

Biasanya iklan yang ditawarkan berupa gambar dan denah lokasi dari properti yang dijual, iklan berupa gambar bisa diedit dan dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat menarik. Ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu lokasi yang sebenarnya. Pahami harga yang murah itu benarbenar di tempat yang telah disebutkan dalam iklan atau tempat lain yang masih menjadi satu dalam kompleks properti. Perlu juga diperhatikan hal yang tidak wajar dan tidak semestinya mengenai transaksi yang dilakukan.

Anda seharusnya berhati-hati apabila menghubungi via telepon dan ada penawaran misalnya mengirimkan uang muka (down payment/DP) sebagai tanda jadi. Banyak kasus para konsumen menjadi korban penipuan dengan cara ini, di mana pihak penjual menyarankan mengirim uang muka sebagai tanda pengikat atau tanda jadi, dengan alasan banyak sekali yang menawar tempat atau properti yang dimaksud. Jika tidak ada uang muka, kesempatan Anda bisa dimiliki orang lain.

Harap waspada juga apabila si penjual bodong tersebut menjanjikan membayar sekarang, maka akan mendapat diskon. Kasus ini pernah dialami oleh beberapa konsumen, di mana niatnya mencari properti dengan harga murah, tetapi ujung-ujungnya terkena korban penipuan. Penawaran yang didapat adalah membayar sekarang atau bayar setengah dulu, maka akan mendapat potongan harga.

Korban diminta transfer sejumlah uang, tetapi setelah ditelepon, nomor ponsel tidak pernah aktif. Untuk itu, hal yang perlu diwaspadai agar tidak tertipu bisnis properti online, yaitu jangan percaya gambar iklan properti. Jika Anda berada di luar kota, luangkan sejenak waktu untuk meninjau lokasi secara langsung. Jika punya saudara atau teman yang kebetulan berada di lokasi tempat properti dijual, bisa minta tolong untuk melihat secara langsung.

Banyak juga iklan properti yang dipasang bukan melalui agen resmi penjualan atau sewa properti secara resmi. Sebaiknya cek terlebih dahulu tentang informasi iklan yang ditawarkan secara seksama. Jangan lupa juga, periksa kejelasan kepemilikan properti. Banyak properti saat ini ditawarkan oleh agen, teman, atau perseorangan yang memasang melalui iklan di berbagai media. Jika akan bertransaksi, pastikan melalui orang yang memiliki hak atas properti tersebut, yaitu pemilik asli sehingga surat kepemilikannya juga jelas. Jangan lupa, mencari agen properti tepercaya.

Dengan mendapatkan sumber informasi yang jelas, Anda akan terhindar dari korban kejahatan penipuan. Saat ini banyak juga agen properti online secara resmi, di mana Anda bisa mendapatkan penjelasan yang lebih terperinci tentang jasa persewaan atau jual beli properti.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini