Sebelum Membeli Rumah Bekas, Perhatikan 3 Hal Berikut

Safira Fitri, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 470 2253840 sebelum-membeli-rumah-bekas-perhatikan-3-hal-berikut-k9SmjS885G.jpg Rumah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Rumah merupakan tempat bernaung yang memiliki banyak arti. Rumah kecil, besar, berhalaman luas, atau rumah minimalis hanyalah sekedar macam-macam bentuk rumah. Semua orang mengidamkan rumah impian, di sisi lain, masih banyak orang yang masih berusaha untuk memenuhi mimpi tersebut.

Penting untuk mengecek kembali apakah rumah yang akan dibeli merupakan milik pribadi atau rumah warisan dan apakah tidak sedang dalam masalah/pertikaian agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Beli Rumah Bekas? Baca Dulu Panduan Berikut Ini! 

Bila sudah tertarik dengan rumah tersebut dan ternyata rumah tersebut merupakan rumah warisan yang masih menjadi persengketaan, mintalah pendapat dari keluarga yang bersengketa dan mencari jalan tengahnya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Berikut merupakan tips memilih bangunan rumah bekas seperti dilansir dari buku "Beli Rumah Dengan Gaji < Rp 5 Juta" oleh Rina Dewi Lina, M.M., Erwin Faizal, M.S.M., Jakarta, Rabu (29/7/2020).

1. Pilih rumah yang memiliki bangunan kokoh bila membeli rumah lama, sehingga tidak banyak mengeluarkan dana untuk perbaikan.

Baca Juga: Mau Beli Rumah Bekas? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya! 

2. Pilih rumah dengan desain ruang sesuai keinginan. Bagi yang suka dengan ruangan luas, pilih rumah yang tidak banyak siku atau dinding pemisah. Misalnya, ruang tamu dan ruang tengah menyatu sehingga mudah mengatur perabotan bila mengadakan sebuah acara.

3. Pada saat pembangunan perumahan, ada yang memberikan ruang untuk dapur menyatu dengan jemuran di belakang rumah, ada pula yang memberikan akses dapur di bagian dalam. Silakan pilih sesuai dengan kenyamanan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini