Share

Beli Rumah Second Bisa Pakai KPR

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2016 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 26 470 1398455 beli-rumah-second-bisa-pakai-kpr-FZmFK5y7Qq.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Banyak metode atau skema pembayaran yang bisa dipilih ketika hendak membeli suatu properti, baik komersil maupun residensial.

Namun tidak semua pembelian dapat menggunakan skema-skema pembayaran yang telah disediakan oleh pengembang maupun perbankan.

Seperti pembelian rumah secondary misalnya, yang tidak bisa menggunakan skema cicilan bertahap. Hal itu berbeda dengan pembelian rumah primary atau baru. (Baca juga: Waspadai Penipuan Jual Rumah Bekas)

 

Menurut Presiden Keller Williams Indonesia Tony Eddy mengatakan, saat ini melalui perusahaan agen properti asal Amerika Serikat itu, pembeli dapat menggunakan alternatif lain untuk membeli rumah secondary. Salah satunya dengan kredit pemilikan rumah (KPR) khusus rumah secondary.

"Kalau beli secondary kan tidak bisa nyicil bertahap, makanya pakai KPR, kalau cicilan bertahap cuma maksimal lima tahun, KPR bisa sampai 15 tahunan," tutur Tony di Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Dia menjelaskan, dengan begitu pembeli bisa untung karena meski menyicil, namun rumah sudah terbangun.

"KPR Secondary itu antara pembeli dan penjual, yang beli mau KPR, nanti bank itu cairkan dananya ke yang jual rumah, terus balik nama, setelah itu pembeli nyicilnya ke bank," jelas Tony. (Baca juga: 5 Langkah Mencari Rumah Bekas untuk Investasi)

Salah satu keuntungannya, dia menambahkan, adalah sudah balik nama terlebih dahulu sebelum cicilannya selesai. " Tidak perlu menunggu sampai KPR selesai, itu langsung balik nama," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini