Share

Arsitektur Bandara-Bandara Paling Unik dan Indah di Dunia

Dhera Arizona Pratiwi, Okezone · Rabu 21 Desember 2016 00:19 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 20 470 1571501 arsitektur-bandara-bandara-paling-unik-dan-indah-di-dunia-yCZsZNwVwi.jpg Foto: pinterest

NEW YORK - Bandar udara (bandara) memiliki peranan penting. Bagaimana tidak, keberadaannya mampu menghubungkan antar daerah ke daerah lain atau bahkan dari satu negara ke negara lainnya.

Di beberapa negara, sebut saja misalnya di dataran tinggi seperti di pegunungan Kaukasus Georgia Utara ada kota kecil bernama Mestia. Bandara di kota ini bernama Queen Tamar Airport. Rupa bangunan bandara di kota ini dihiasi dengan batu abad pertengahan yang merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun satu menara berdiri sendiri dari bangunan keseluruhannya.

Bandara yang dibangun pada 2010 ini sebagian besar terdiri dari kaca. Bentuk bangunannya berupa persegi dan ada 'sayap' di bangunannya yang menjulang tinggi menghadap langit.

Tujuan dibangunnya Queen Tamar Airport ini tidak sesukses desainnya yang sangat populer di mata dunia. Awalnya pembangunan bandara hanya ditujukan untuk membantu mempromosikan Mestia sebagai pusat resor ski.

Bandara tidak pernah menerima kode resmi dari International Air Transport Association. Pasalnya, jumlah penumpang di bandara ini masih sangat minim. Saat ini hanya ada satu maskapai charter lokal bernama Servisair, yang memiliki 15 kursi dengan jadwal penerbangan empat kali seminggu.

Namun Queen Tamar hanya baru salah satu dari banyak bandara unik dan indah di dunia yang pernah dirancang. Berikut bandara lainnya yang juga tak kalah unik dan indah, seperti dilansir dari laman Atlas Obscura, Rabu (21/12/2016):

1. Queen Tamar Airport, Mestia, Georgia

2. Lleida–Alguaire Airport, Spanyol

 

3. Spaceport America, New Mexico, Amerika Serikat (AS).

 

4. Pulkovo Airport, St. Petersburg, Russia.

 

5. Carrasco International Airport, Montevideo, Uruguay.

 

6. Daocheng Yading Airport, Tibet.

 

7. Marrakesh Menara Airport, Marrakesh, Morocco.

 

8. Santos Dumont Airport, Rio de Janeiro, Brazil.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rzk)