nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalah Telak, China Dapat Rp870 Triliun vs Indonesia Rp93 Triliun dari Raja Arab

Tim Ekonomi Okezone, Jurnalis · Sabtu 15 April 2017 16:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 04 15 20 1668306 fenomena-investasi-china-dapat-rp870-triliun-vs-indonesia-rp93-triliun-dari-raja-arab-cxXPpcWezG.jpg Presiden Jokowi dan Raja Salman kala kunjungan ke Indonesia. (Foto: Dok Setkab)

JAKARTA - Presiden Jokowi mengajak semua kalangan untuk instrospeksi menyusul perolehan investasi dari kunjungan Arab Saudi ke Indonesia ternyata sangat kecil. Perolehan China sebesar Rp870 triliun, sementara Indonesia hanya Rp89 triliun.

Fakta itu dipandang Jokowi sebagai masukan bagi Indonesia untuk membenahi kemudahan berbisnis dan kepastian hukum bagi investor di Tanah Air.

"Kalau kita sudah siap, investasi kita gede-gede, kalau ada keyakinan ya pasti akan lebih gede di tempat kita dibanding negara lain," tegas Jokowi, usai meresmikan Masjid Hasyim Ashari di Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

Jokowi menjelaskan, negara-negara lain terkejut oleh luas dan kekayaan sumber daya alam serta suku-budaya di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan kekecewaannya terhadap Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud. Hal ini lantaran investasi yang dilakukan Arab ke China lebih besar dari Indonesia.

Padahal, Jokowi mengatakan telah melakukan servis besar-besaran terhadap Raja Arab tersebut. Jokowi mengungkapan, dia pun rela menjadi supir Raja Salman selama berada di Indonesia. Sebagai bentuk "terima kasih" Arab Saudi menanamkan investasi di Indonesia.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini