nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Investasi Arab Saudi Kecil, Apindo: Negara Kita Bukan Tujuan Investasi

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 16 April 2017 15:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 04 16 320 1668742 investasi-arab-saudi-kecil-apindo-negara-kita-bukan-tujuan-investasi-ezK2YHx9fy.jpg Foto: Biro pers

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kekecewaannya kepada Raja Arab, Salman bin Abdulaziz al-Saud yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Indonesia. Kekecewaan orang nomor satu Indonesia diungkap karena rendahnya investasi Arab Saudi di Indonesia (Rp93 Triliun) dibandingkan China sebesar Rp870 triliun.

Melihat sikap ini, Ketua Umum Asosiasia Pengusaha Indonesia Haryadi Sukamdani menilai, seharusnya pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi semestinya tidak mesti kecewa. Pasalnya, kedatangan Raja Salman ke Indonesia bukan hanya semata-mata untuk menanamkan investasinya di Tanah Air. Dan semestinya pemerintah dan Presiden RI sudah mengetahui ini.

"Memang kita bukan negara untuk mereka investasi. Mereka investasi sifatnya mengoperasikan, jadi mereka pilih negara seperti Jepang, China, Amerika Serikat, dan Korea. Jadi untuk negara Asean memang tidak,"tutur Harydai saat dihubungi Okezone.

Haryadi menjelaskan, investasi Arab Saudi melakukan bisnis dengan portofolio goverment to goverment. Misalnya Arab yang bekerjasama dengan Pertamina dalam mengelola kilang minyak Cilacap.

"Jadi mereka investasi seperti itu yang sifatnya mengoperasikan. Jadi sudah diperhitungkan masuknya, mungkin ada juga yang tidak langsungnnya. Tapi meestinya tidak adayang perlu kecewa lah,"ujarnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo pada saat menghadiri haul, pertemuan dengan para kyai, dan peletakan batu pertama gedung serbaguna di Indor Sport Hall dan Audotorium Mbah Muqoyyim serta Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT) Buntet Pesantren, Desa Mertapada Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi pun menyempatkan diri untuk menceritakan kekecewaannya kepada Raja Arab, Raja Salman yang beberapa waktu lalu berkunjung ke Indonesia.

"Saat, Raja Salman berkunjung ke Indonesia dalam perjalanan ke Istana kala itu hujan tiba, saya pun langsung bergegas memayungi beliau," kata Presiden RI Jokowi, Kamis (13/4/2017).

Bahkan, lanjut Jokowi, Ia pun menjadi supir Raja Salman selama berada di Indonesia dan Arab Saudi pun berinvestasi ke Indonesia sebesar Rp89 triliun, saat itu pihaknya sangat bersyukur.

"Namun, setelah saya mengetahui bahwa investasi Arab Saudi lebih besar saat berkunjung ke China di situ saya merasa kecewa padahal sudah saya payungi dan kemudikan sendiri," tuturnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini