Image

Impor LNG dari ExxonMobil, Pertamina Antisipasi Peningkatan Konsumsi

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 21 April 2017, 20:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 04 21 320 1673801 impor-lng-dari-exxonmobil-pertamina-antisipasi-peningkatan-konsumsi-7Vh3KUmi8v.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) telah menandatangani kontrak dengan ExxonMobil terkait impor Liquefied Natural Gas (LNG) sebanyak 1 juta ton per tahun. Kontrak tersebut mulai berlaku tahun 2025 dengan jangka kontrak selama 20 tahun.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Sujatmiko mengatakan, kerja sama tersebut dilakukan oleh Pertamina sebagai langkah antisipatif peningkatan konsumsi LNG dalam negeri.

“Ya kalau ini untuk ke depan gas meningkat kebutuhan pembangkit dan lain-lain, jadi kita antisipasi kemungkinan peningkatan konsumsi di dalam negeri,” ujarnya saat dihubungi awak media di Jakarta, Jumat (21/4/2017).

Di samping itu, lanjut Sujatmiko, impor ini dilakukan untuk mendapatkan harga yang ramah bagi pelaku industri. Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), baik melalui sumber LNG dalam maupun luar Negeri.

“Semuanya kan  kalau kita ingat pesan Presiden untuk mendapatkan harga affordable untuk rakyat sumber bisa dari dalam atau luar,” tambah dia.

Kerja sama antara ExxonMobil dengan Pertamina yang bersifat Business to Business (B to B) ini merupakan salah satu dari sembilan kesepakatan kerja sama antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Kerjasama Indonesia dan AS ditandai dengan kunjungan Wakil Presiden AS Mike Pence ke Indonesia pada hari Kamis dan Jumat tanggal 20-21 April 2017.

Penandatanganan kontrak kerja sama antara ExxonMobil dengan Pertamina disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mike Pence, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan hari ini.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini