nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TIPS KARIER: Mau Sukses, Miliki 10 Kemampuan Komunikasi Ini!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 11 Juni 2017 23:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 11 320 1713359 tips-karier-mau-sukses-miliki-10-kemampuan-komunikasi-ini-344PK14OzK.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan atasan, rekan-rekan dan staf sangat penting, di mana pun Anda bekerja. Pekerja di era digital harus tahu cara menyampaikan dan menerima pesan secara langsung maupun melalui telepon, email, dan media sosial secara efektif. Lalu,apa saja keterampilan komunikasi yang akan membantu keberhasilan Anda?

1.Mendengarkan

Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi seorang komunikator yang baik. Tidak ada yang suka berkomunikasi dengan seseorang yang hanya peduli tentang pendapatnya dan tidak menyediakan waktu untuk mendengarkan orang lain. Jika Anda tidak menjadi pendengar yang baik, akan sulit untuk memahami apa yang diminta atasan Anda.

2.Komunikasi nonverbal

Bahasa tubuh, kontak mata, gerakan tangan adalah pesan yang Anda sampaikan. Sikap yang santai, dan nada yang ramah akan membuat Anda mudah didekati, dan akan mendorong orang lain untuk berbicara terbuka dengan Anda. Kontak mata juga penting, karena menunjukkan bahwa Anda berfokus pada orang dan percakapan.

3.Kejelasan

Komunikasi yang baik berarti mengatakan maksud secukupnya. Jangan mengatakan terlalu sedikit atau berbicara terlalu banyak. Cobalah untuk menyampaikan pesan Anda dalam kata-kata sesingkat mungkin. Mengatakan apa yang Anda inginkan dengan jelas dan langsung, baik ketika berbicara dengan seseorang secara pribadi, telepon, atau melalui email

4.Ramah

Melalui nada ramah, atau hanya tersenyum, Anda akan mendorong rekan kerja Anda untuk terlibat dalam komunikasi yang terbuka dan jujur. Penting untuk menjadi baik dan sopan dalam berkomunikasi di tempat kerja Anda, baik dalam komunikasi tatap muka maupun tertulis.

5.Kepercayaan Diri

Penting untuk  percaya diri dalam semua interaksi Anda dengan orang lain. Kepercayaan diri ini memastikan rekan kerja Anda akan mempercayai Anda dan menindaklanjuti dengan apa yang Anda katakan.

6.Empati

Bahkan ketika Anda tidak setuju dengan atasan, rekan kerja, atau karyawan, penting untuk memahami dan menghormati pandang mereka. Menggunakan frasa sederhana seperti "Saya mengerti maksud Anda" menunjukkan bahwa Anda telah mendengarkan orang lain dan menghormati pendapat mereka.

7.Berpikiran terbuka

Seorang komunikator yang baik harus memiliki pikiran yang fleksibel, terbuka dalam setiap percakapan. Terbuka untuk mendengarkan dan memahami orang lain dari sudut pandang mereka, daripada hanya berbeda pendapat. Dengan berpikiran terbuka, Anda  dapat memiliki percakapan lebih jujur, produktif.

8.Menghormati

Orang akan lebih terbuka untuk berkomunikasi dengan Anda jika Anda menyampaikan rasa hormat bagi mereka dan ide-ide mereka. Tindakan sederhana seperti menggunakan nama seseorang, membuat kontak mata, dan secara aktif mendengarkan ketika berbicara akan membuat orang merasa dihargai.

9.Berikan umpan balik

Ketepatan dalam memberi dan menerima umpan balik adalah keterampilan komunikasi yang penting.

Memberikan umpan balik dapat dilakukan oleh atasan dengan cara  yang sederhana, seperti mengatakan "pekerjaan baik" atau "Terima kasih" kepada karyawan. Hal sederhana ini  dapat meningkatkan motivasi para karyawan, sehingga mereka merasa dihargai atas pekerjaan mereka dan bukan sekedar mendapat tugas sepanjang hari.

10.Memilih komunikasi yang tepat

Keterampilan komunikasi yang tak kalah penting adalah  mengetahui  bentuk komunikasi yang tepat untuk digunakan. Sebagai contoh, beberapa  percakapan serius seperti PHK, perubahan gaji, baiknya dilakukan secara pribadi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini