Wow! Total Keluarkan Dana Rp96,85 Triliun untuk Akuisisi Anak Usaha Maersk

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 320 1760534 wow-total-keluarkan-dana-rp96-85-triliun-untuk-akuisisi-anak-usaha-maersk-K4iJOWBjLt.jpg Total. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Perusahaan Denmark AP Moller-Maersk akhirnya menjual divisi Maersk Oil kepada perusahaan asal Prancis Total. Maersk nantinya akan fokus pada kegiatan lain termasuk bisnis pelayarannya.

Maersk setuju untuk menjual divisi minyaknya ke Total dengan nilai USD7,45 miliar atau sekira Rp96,85 triliun jika mengacu kurs Rp13.000 per USD. Menurut pejabat Total, akuisisi ini akan meningkatkan pendapatan dan arus kas mereka sehingga mampu meningkatkan prospek devidennya.

Dengan transaksi ini, maka AP Moller Maersk akan mendapatkan dana segar USD4,95 miliar dari Total. Sementara sisanya, USD2,5 miliar akan digunakan Total untuk melunasi utang Maersk.

Maersk mengatakan pihaknya berencana untuk mengembalikan saham material dari Total kepada pemegang saham pada 2018 dan 2019 dalam bentuk dividen luar biasa, buyback saham atau pendistribusian saham di Total.

Penjualan tersebut dilakukan Maersk di tengah restrukturisasi besar yang mereka lakukan, guna berkonsentrasi pada bisnis transportasi dan logistik dan memisahkan operasi energinya dalam menghadapi penurunan pendapatan.

Berkat adanya transaksi ini, saham AP Moller Maersk naik 4,3% pada awal perdagangan, sementara saham Total turun 0,5%. Total mengatakan, akuisisi tersebut diharapkan bisa menghasilkan sinergi lebih dari USD400 juta per tahun.

Selama beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan minyak ternama memang tengah melakukan akuisisi. BP tercatat membuat serangkaian investasi dalam dua bulan terakhir di 2016, termasuk kemitraan senilai USD1 miliar dengan Kosmos Energy yang berbasis di Dallas di Mauritania dan Senegal di Afrika Barat, serta akuisisi di Abu Dhabi dan Azerbaijan.

Sementara Total dan Statoil Norwegia telah membeli ladang minyak bawah laut sub-garam Brasil. Pada Juli kemarin, Total juga mengatakan menginvestasikan USD3,5 miliar selama lima tahun di ladang minyak Al Shaheen, Qatar.

Sedangkan ExxonMobil Corp, dikabarkan membeli aset di Papua Nugini untuk memenuhi permintaan gas alam cair di Asia yang meningkat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini