2 Bos Besar Total E&P Sambangi Kantor Menko Luhut

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 06 April 2017 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 06 320 1660502 2-bos-besar-total-e-p-sambangi-kantor-menko-luhut-GQlP7TJ7OJ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Chief Executive Officer (CEO) Total Patrick Pouyanne dan Presiden Direktur Total E&P Arnauld Breuillac hari ini menyambangi Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya. Pimpinan Total ini akan melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Luhut Binsar Pandjaitan.

Pantauan Okezone, Rabu (6/4/2017), pimpinan Total ini tiba di Kantor Luhut sekira pukul 13.00 WIB. Belum diketahui pembahasan dalam pertemuan ini. Pertemuan pun dilakukan secara tertutup.

Seperti diketahui, Presiden Prancis Fran├žois Hollande memang telah melakukan kunjungan ke Indonesia beberapa waktu lalu. Hanya saja, menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, kunjungan Presiden Prancis kali ini tidak secara spesifik membahas tentang pengelolaan Total di Mahakam.

Kendati demikian, pengelolaan Blok Mahakam ini tetap akan dibahas oleh pemerintah secara langsung bersama Total. Pertemuan dengan Total, ujar Jonan, akan dilakukan pada bulan April ini.

"Awal April itu bahas Total, juga bahas Blok Mahakam mungkin ya," tutur Jonan di Kompleks Istana Negara akhir Maret lalu.

Total pun masih dimungkinkan untuk masuk pada pengelolaan Blok Mahakam. Namun, hal ini masih perlu pembahasan lebih lanjut.

"Mungkin saja tapi terserah Pertamina saja kerjasamanya nanti. Kalau EBTKE kan sudah tandatangan sendiri kok. Enggak ada masalah," jelasnya.

PT Total E&P Indonesie sebelumnya masih mengkaji keikutsertaan dalam mengelola Blok Mahakam menjelang alih kelola pada 1 Januari 2018. Ladang gas yang terletak di Kutai Kalimantan Timur tersebut secara resmi akan diserahkan kepada PT Pertamina Hulu Mahakam pasca-berakhir kontrak pada 31 Desember 2017.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini