Image

Catat! Ini Jadwal Operasional Skytrain di Bandara Soekarno Hatta

Ulfa Arieza, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 12:57 WIB
https img o okeinfo net content 2017 09 17 320 1777603 catat ini jadwal operasional skytrain di bandara soekarno hatta 0POeby0Pts jpg Foto: Antara

TANGERANG - Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi pada hari ini. Peresmian skytrain bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional.

Kereta yang akan melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung ini, siap melayani mobilisasi penumpang selama 24 jam.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan dalam tahap awal Skytrain beroperasi untuk melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2.

Baca Juga: Resmi Beroperasi, Skytrain Siap Layani Penumpang 24 Jam
Baca Juga: Keren! Ini Hasil Uji Coba Skytrain Bandara Soetta, Kereta Tanpa Pengemudi
Baca Juga: Hari Perhubungan Nasional, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi

Baca Juga: Resmi Beroperasi, Skytrain Siap Layani Penumpang 24 Jam

Adapun jadwal operasional skytrain dibagi dalam tiga waktu. Pertama skytrain siap melayani penumpang pada pukul 07.00 – 09.00 WIB, lalu berlanjut pada pukul 12.00 – 14.00 WIB, serta 17.00 – 19.00 WIB

Awaluddn berharap, kehadiran skytrain menjadi pionir perkembangan moda transportasi. Pasalnya, skytrain merupakan moda transportasi kereta tanpa awak pertama di Indonesia yang menggunakan sistem automated guideway transit.

" Kami berharap keberadaannya dapat menjadi semacam inisiator perkembangan moda transpotasi di Indonesia demi kemudahan perpindahan masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya. Pengoperasian Skytrain ini juga merupakan salah satu persiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018," kata dia sebagaiman dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (17/9/2017).

Baca Juga: Keren! Ini Hasil Uji Coba Skytrain Bandara Soetta, Kereta Tanpa Pengemudi

Sementara itu pada tahap selanjutnya Skytrain akan menghubungkan Terminal 3, Terminal 2, stasiun kereta bandara, dan Terminal 1 dengan total lintasan dual track mencapai 3.050 meter atau sekitar 3 kilometer.

Saat beroperasi penuh, headway Skytrain ditetapkan setiap 5 menit dengan total waktu tempuh 7 menit.

Baca Juga: Hari Perhubungan Nasional, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi

Sekadar informasi, total nilai investasi proyek Skytrain ini mencapai sekitar Rp950 miliar, di mana sebesar Rp530 miliar digunakan untuk pengadaan trainset dan Rp420 miliar untuk pembangunan lintasan. (ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini