Image

Skytrain Bandara Soetta Resmi Beroperasi, Menhub: Rasanya Menyenangkan

Chyntia Sami B, Jurnalis · Minggu 17 September 2017, 13:27 WIB
https img okeinfo net content 2017 09 17 320 1777611 skytrain bandara soetta resmi beroperasi menhub rasanya menyenangkan v7urqdMhpq jpg Foto: Okezone

TANGERANG - Kereta canggih yang dilengkapi dengan teknologi Automated People Mover System (APMS) atau disebut Skytrain telah resmi beroperasi mengangkut penumpang umum, Minggu (17/9/2017).

Dalam peresmian tersebut, turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Keduanya sempat melakukan uji coba Skytrain sebelum resmi dioperasikan untuk umum.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Operasional Skytrain di Bandara Soekarno Hatta
Baca Juga: Resmi Beroperasi, Skytrain Siap Layani Penumpang 24 Jam
Baca Juga: Hari Perhubungan Nasional, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi
Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Operasional Skytrain di Bandara Soekarno Hatta

"Tadi kita sudah coba naik, semuanya berjalan dengan lancar. Kami bersyukur dan sangat bangga bisa mempersembahkan kepada Kementerian Perhubungan untuk pertama kalinya. Semoga kedepan bisa terus menjalin kerjasana dalam pengadaan public transportation," kata Rini saat meresmikan skytrain, Minggu (17/9/2017).

Sementara itu, Budi Karya Sumadi mengatakan peresmian Skytrain yang bertepatan dengan Hari Bakti Perhubungan merupakan wujud PT Angkasa Pura II dalam membaktikan diri untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Hari Perhubungan Nasional, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi

"Dari hasil evaluasi, ini lebih baik dari sebelumnya. Tadi saya naik bersama bu Rini rasanya menyenangkan. Bandara Soekarno Hatta sebagai showcase Indonesia sudah seharusnya untuk menampilkan Soetta bukan hanya cantik tapi memiliki banyak fungsi," tutur Budi.

Baca Juga: Resmi Beroperasi, Skytrain Siap Layani Penumpang 24 Jam

Sebagaimana diketahui, Skytrain merupakan salah satu moda transportasi canggih yang menghubungkan antara Terminal 2 dan 3 Bandara Soekarno Hatta atau sebaliknya dengan waktu tempuh kurang dari 5 menit. Kereta canggih tersebut dilengkapi dengan sistem Automated Guideway Transit (AGT) dengan ban karet yang dilengkapi dengan pengarah dan berpenggerak sendiri atau self propelled.

Dalam satu trainset, Skytrajn mampu menampung sebanyak 176 penumpang dengan kecepatan operasi maksimal 60 kilometer/jam

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini