Share

Kereta Api Jayakarta Premium Resmi Beroperasi, Ini Rutenya

Giri Hartomo, Okezone · Kamis 28 September 2017 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 28 320 1784813 kereta-api-jayakarta-premium-resmi-beroperasi-ini-rutenya-epvvyWVCTo.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, meluncurkan Kereta Api premium baru rute Pasar Senen-Yogyakarta-Surabaya yang diberi nama KA Jayakarta Premium. Peluncuran tersebut ditandai dengan pelepasan yang dilakukan oleh Senior Manager Pemasaran Angkutan Penumpang KAI Daop 1 untuk keberangkatan perdana nya dari Stasiun Pasar Senen.

SM Pemasaran Angkutan Penumpang KAI Daop1 Sigit Irawanta mengatakan peluncuran ini dilakukan dalam rangka new building image terhadap kereta api jenis ekonomi premium ini. Sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat menggunakan layanan kereta api tersebut.

"Ini untuk memperbaiki brand, karena ini kan namanya KA Ekonomi Premium," ujarnya dalam acara pelepasan dan peluncuran Kereta Api Jayakarta Premium di Stasiun Senen, Jakarta, Kami (28/9/2017)

Menurutnya pada awalnya KA Jayakarta merupakan kereta api tambahan dari KA Gaya Baru Malam Selatan yang sifatnya belum reguler. Karena KA Gaya Baru Malam Selatan ini hanya dijalankan saat momen-momen libur seperti long weekend.

Baca juga: Di Usia ke-71, KAI Berharap Bisa Jadi Tulang Punggung Transportasi Nasional

Namun dalam perjalanannya setelah beroperasi cukup lama ternyata kereta api ini cukup diminati oleh masyarakat. Sehingga diputuskan untuk membuat KA baru dengan rute sama namun nama berbeda.

"Jadi kita sudah uji coba beberapa buka yang lalu tapi itu masih KA belum reguler ya namanya masih KA Gaya Baru Malam Selatan. Dan ternyata sangat diminati," jelasnya.

Sebagai informasi, Meskipun terjadi perubahan pada nama kereta api, namun fasilitas kereta tetap sama. KA ini terdiri dari delapan unit gerbong kereta premium dengan kapasitas masing-masing 80 tempat duduk dan dua unit gerbong kereta premium untuk penumpang dengan keterbatasan fisik yang berkapasitas 64 tempat duduk di masing-masing gerbong keretanya. Sehingga total kapasitas dalam 1 kali perialanannya adalah 768 seat.

Untuk jadwal keberangkatan, KA Jayakarta Premium berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 13.20 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 03.47 WIB. Sebaliknya dari Stasiun Surabawa Gubeng pukul 15.00 WIB dan tiba di stasiun akhir Pasar Senen pukul 05.30 WIB.

Dalam perjalanannya setelah pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Kalayakarta Premium akan melayani naik dan turun penumpang di Stasiun Jatibarang, Stasiun Cirebon, Stasiun Bumiayu, Stasiun Purwokerto, Stasiun Randegan, Stasiun Kroya, Stasiun Tambak, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kebumen, Stasiun Wonosari, Stasiun Prembun, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Yogyalarta, Stasiun Klaten, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Masaran, Stasiun Walikukun, Stasiun Paron, Stasiun Madiun, Stasiun Nganjuk, Stasiun Baron, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Surabaya Gubeng.

Dibalik Pemberian Nama KA Jayakarta Premium

Kereta Jayakarta Premium rute Pasar Senen - Yogyakarta - Surabaya merupakan pengembangan dari KA tambahan Gaya Baru Malam Selatan Premium.

Senior Manager Pemasaran Angkutan Penumpang KAI Daop 1 Jakarta Sigit Irawanta mengatakan pengambilan nama KA Pemium baru ini diambil dari nama seorang Pangeran bernama Jayakarta. Pangeran Jayakarta merupakan seorang penguasa kota pelabuhan Jayakarya pada tahun 1602-1619 sebagai wakil dari kesultanan Banten.

Selain itu, Pangeran Jayakarta juga dikenal sebagai salah satu pejuang yang pada tahun 1527 mengusir pedagang dari Portugis yang pada saat itu menguasai teluk Jakarta. Sehingga pada saat itu, Kota Jakarta pun akhirnya mengalami kemenangan dan diberi nama Jayakarta yang artinya Kemenangan.

"Dari tema itu kita ingin mengangkat masyarakat Jakarta dan sekitarnya jadi akan bangga menggunakan Kereta Api Jayakarta Premium yang baru ini," ujarnya saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Selain itu lanjut Irawanta, pemberian nama KA Premium Jayakarta juga untuk mempermudah komunikasi kepada penumpang. Sehingga para penumpang nantinya tidak akan tertukar antara KA Gaya Baru Malam Selatan dan juga KA Jayakarta Premium.

Pasalnya, KA Jayakarta Premium sendiri merupakan pengembangan dari Kereta Tambahan Gaya Baru Malam Selatan Premium yang sudah beroperasi sejak lebaran lalu. Sedangkan di sisi lain KA terdapat juga Gaya Baru Malam yang beroperasi reguler. Sehingga dengan penggantian nama dari KA Gaya Baru Selatan Premium menjadi Jayakarta Premium tidak membingungkan masyarakat.

"Ini (nama Jayakarta) untuk memudahkan komunikasi juga, makanya kita kasih nama yang baru supaya nanti juga penumpang tidak bingung antara KA Gaya Baru Malam Selatan yang reguler dengan yang kelas Premium. Sehingga kita kasih nama yang baru yaitu KA Jayakarta Premium," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini