Daerah Ingin Kembangkan Smart City, Menkominfo: Cek Dulu Ruang Fiskalnya

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 15 November 2017 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 15 470 1814375 daerah-ingin-kembangkan-smart-city-menkominfo-cek-dulu-ruang-fiskalnya-uGnzGPl5ci.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Persoalan fiskal kerap luput dari perhatian daerah untuk mengembangkan smart city dalam rangka implementasi gerakan Menuju 100 Smart City yang digagas pemerintah pusat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat 514 kabupaten/kota. Dengan jumlah sebanyak itu, maka pengembangan smart city di daerah tidak bisa dikerjakan asal-asalan. Perlu perhitungan matang, salah satunya dalam hal anggaran.

"Kita harus lakukan penahapan yang mana kira-kira layak. Salah satu yang selama ini barang kali kurang diperhatikan adalah ruang fiskal. Ruang fiskal itu kalau kita lihat dari pemda (pemerintah daerah) tersebut berapa besar APBD-nya berapa besar PAD-nya (pendapatan asli daerah)," katanya saat ditemui di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Sisi fiskal tersebut harus dipertimbangkan matang-matang apakah dia sustainable dalam meng-cover kebutuhan anggaran dalam membangun smart city. Dia mengingatkan, agar pembangunan smart city tidak dilakukan atas kepentingan tertentu sementara ruang fiskalnya tidak diperhatikan.

"Jangan sampai ramai-ramai bikin smart city-smart city apalagi kalau mau Pilkada nanti dijanjikan 'saya mau bikin smart city'. Cek dulu ruang fiskalnya. Itu salah satu faktor," ujarnya.

Rudiantara menyebutkan bahwa jika 80% dari total APBD dialokasikan untuk belanja rutin pemerintah daerah maka akan sulit untuk mengembangkan smart city. Pasalnya hanya tersisa 20% anggaran dari total APBD yang dapat digunakan untuk belanja barang guna menunjang smart city.

Adapun pada tahap awal, pembangunan smart city difokuskan pada 24 kota yang mana salah satu tolok ukurnya adalah ketersediaan ruang fiskalnya. "Ini salah satu patokan mengukur 24 kota smart city," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini