BI: Smart City Bisa Tingkatkan Produktivitas dan Daya Saing di Daerah

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 26 Juli 2017 23:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 26 470 1744633 bi-smart-city-bisa-tingkatkan-produktivitas-dan-daya-saing-di-daerah-JRdzHkhQ6I.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meminta kepada daerah unttuk melakukan diversifikasi. Hal tersebut dilakukan agar tidak terlalu bergantung kepada Sumber Daya Alam sebagai ekonomi mereka.

Selain melakukan diversifikasi, Gubernur Bank Indonesia juga meminta kepada pemerintah daerah untuk membangun dan mengembangkan Smart City dan kawasan industri. Hal tersebut dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di suatu daerah.

Pasalnya dengan adanya Smart City, daya saing dari daerah tersebut bisa meningkatkan daya saing.

"Mohon inisiatif bangun Smart City, itu akan buat dunia usaha produktif dan Efisien dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di provinsi semakin baik. Itu juga bisa meningkatkan daya saing," ujarnya dalam acara Sarasehan di Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

 Baca juga: Perkenalkan Smart City, Makassar Pilih Heartware dari Hardware

Akan tetapi lanjut Agus, dalam membangun dan mengembangkan Smart City perlu memperhatikan beberapa hal seperti infrastruktur. Khususnya adalah yang berkaitan dengan akses jalan dan akses listrik, dan energi lainnya.

"Sektor infrastruktur dan presiden dan kabinet memberi perhatian ini terhadap infrastuktur dan ini harus dilaksanakan secara konsisten. Selain itu yg konektivitas listrik dan energi juga harus diperbaiki," jelas Agus.

Stabilitas dan kedaulatan pangan juga diminta untuk selalu dijaga. Karena stabilitas harga bisa meningkatkan produktivitas dan daya saing dari darah tersebut.

"Kita harus tingkatkan produktivitas, meningkatkan daya saing, itu bisa dilakukan kalau menjaga kedaulatan pangan," kata Agus.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini