Share

Soal Blok Mahakam, Wamen ESDM: Insya Allah, 31 Desember 100% ke Pertamina

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 21 November 2017 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 21 320 1817705 soal-blok-mahakam-wamen-esdm-insya-allah-31-desember-100-ke-pertamina-8o93cp2sME.jpg Wamen ESDM Arcandra Tahar (Foto: Feby Novalius/Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) menjadi pengelola mayoritas di Blok Mahakam. Pemerintah pun menyerahkan aksi korporasi kepada Pertamina jika pengelolaan nantinya bakal dikerjasamakan.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, Pertamina menjadi pemegang mayoritas pengelolaan Blok Mahakam yang sebelumnya dipegang oleh Total E&P Indonesia.

 Baca juga: Sebut Rekor Dunia, Pertamina Ngebor Sumur di Blok Mahakam dalam Waktu 4 Hari

"Insya Allah 31 Desember,100% ke Pertamina,"tuturnya, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Arcandra mengatakan, pihaknya menyerahkan hak pengelolaan sepenuhnya kepada perseroan. Termasuk, jika Pertamina ingin melakukan kerjasama dengan kontraktor lain dalam mengelola lapangan tersebut.

 Baca juga: Catat! Persiapan Pertamina untuk Kelola Blok Mahakam

"Bisa tanya ke Pertamina. Jika Inpex mau masuk, Total mau masuk,"tuturnya.

Sementara itu, dengan diberikannya hak pengelolaan Blok Mahakam pada Pertamina, maka ewajiban dana pemulihan pasca operasi tambang (Abandonment Site Restoration/ASR) menjadi tanggungan perusahaan.

 Baca juga: Masih Menunggu Investor, Swasta Belum Ada yang Minati Blok Mahakam

"Iya (ASR dibayar oleh Pertamina)," tandasnya.

Sebagai informasi, untuk mengukung pengeboran, Pertamina telah menginvestasikan dana sebesar USD160 juta. PHI pun menyiapkan berbagai strategi untuk tetap menjaga produksi migas dengan memastikan keberlangsungan kegiatan pemboran dan well intervention di wilayah kerja Mahakam pada peralihan dari Total E&P Indonesia ke Pertamina pada 1 Januari 2018.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini