nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikelola Pertamina, Kok Produksi Blok Mahakam Turun?

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 17:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 07 11 320 1921017 dikelola-pertamina-kok-produksi-blok-mahakam-turun-L1myOTK7rg.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Mulai 1 Januari 2018 pengelolaan Blok Mahakam, Kalimantan Timur beralih dari Total E&P Indonesia ke PT Pertamina (Persero). Namun hingga kini produksi wilayah kerja Blok Mahakam justru menurun.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam tidak memungkiri fakta tersebut. Menurutnya, memang produksi Blok Mahakam saat ini dalam tahap penurunan atau decline produksi.

"Ini kita buat program untuk mengurangi decline. Pogram kita itu lebih tinggi dari pada program eksisting kemarin," tuturnya, di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

 

Asal tahu saja, berdasarkan data SKK Migas, wilayah kerja Mahakam berproduksi minyak dan kondensat sebesar 52 ribu barel minyak per hari dan 1.360 juta kaki kubik gas bumi per hari.

Hal itu menjadikan Blok Mahakam memiliki potensi yang cukup menjanjikan, dengan bukti per 1 Januari 2016 sebesar 4,9 TCF gas, 57 juta barel minyak, serta 45 juta barel kondensat.

Syamsu menambahkan, memang produksi Blok Mahakam tidak bisa capai target. Oleh karena itu berbagai upaya bakal ditambah untuk menambah sisi produksi hingga akhir tahun ini.

"Nah, bahwa itu belom capai target selama satu tahun, kita memang harus ada effort. Kan masih ada enam bulan lagi," tuturnya.

 

Dia mengatakan, penurunan produksi terjadi karena issue beberapa sumur harus dimatikan, karena ada masalah safety.

"Nah, ini kita lagi juga sambil evaluasi, kalau ada prognos, apakah semua harus dimatikan, parsial aja bisa enggak. Jadi enggak menggangu produksi," tuturnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini