Image

Langka, Kementerian ESDM Imbau PNS Jangan Pakai Gas Elpiji 3 Kg

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 15:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 08 320 1827363 langka-kementerian-esdm-imbau-pns-jangan-pakai-gas-elpiji-3-kg-hUuBRpvLXZ.jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Belum diketahui apa penyebab kelangkaan gas elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi. PT Pertamina (Persero) sekalipun masih menunggu hasil dari pihak berwajib apa penyebab kelangkaan gas 'melon' yang melanda sejumlah daerah di Indonesia hingga saat ini.

Identifikasi awal perseroan, kelangkaan gas elpiji 3 kg terjadi karena adanya kekhawatiran masyarakat ketika melihat terjadi kelangkaan di daerah lain. Masyarakat itu pun langsung menambah stok gas di rumahnya. Sementara untuk identifikasi apakah ada penimbunan yang membuat stok elpiji langka, perseroan masih menunggu.

Atas belum jelasnya hasil identifikasi itu, Pertamina menghimbau kepada masyarakat yang sebenarnya mampu untuk tidak membeli gas elpiji 3 kg yang diperuntukKan untuk masyarakat tidak mampu.

Baca juga: Pertamina Jual Elpiji 3 Kg Non-Subsidi Mulai Maret 2018

"Kita dalam bentuk imbauan kerjasama dengan Kementerian PANRB sosialisasi ke Pemda ajak PNS untuk tidak pakai PSO gas 3 kg. Ini bukan pemaksaan, tapi ini treatment marketing karena masih ada produk gas yang diperuntukkan bagi yang mampu," ujarnya di Gedung Heritage, Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Untuk PNS juga, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Ego Syahrial menambahkan, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan 128 Kabupaten/Kota. Di situ ada komitmen dari Kepala Daerah bahwa PNS tidak menggunakan gas elpiji 3 kg.

Baca juga: Pertamina Siapkan Gas Elpiji 3 Kg Nonsubsidi, Berapa Harganya?

"Bupati ngomong komit PNS dan sudah lakukan sosialisasi agar namanya tertulis punya rakyat miskin benar-benar bisa disampaikan,"ujarnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini