Image

Gas Elpiji 3 Kg Langka, Pertamina Minta Masyarakat Tidak Panik

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 08 Desember 2017, 18:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 08 320 1827468 gas-elpiji-3-kg-langka-pertamina-minta-masyarakat-tidak-panik-Z1nDpOzAMQ.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengaku tidak menyangka terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kilogram (kg) saat ini. Pasalnya, rata-rata harian volume 20.000 matric ton (MT) mampu dipenuhi selama 19 hari ke depan.

"Terus terang kalau dari rata-rata harian kan kita tidak menduga,"ujar Direktur Pemasaran Muchamad Iskandar, di Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Iskandar mengatakan, sebenarnya kejadian kelangkaan gas pernah terjadi pada 2011. Memang dalam menyelesaikan masalah kelangkaan elpiji gas 3 kg tidak mudah, sebab sulit mengindentifikasi Rumah Tangga (RT) mana yang masuk kriteria mampu dan tidak. Di dalam Peraturan Presiden (Perpres) pun itu tidak dicantumkam.

Baca juga: Gas Elpiji 3 Kg Langka, Akankah Impor Ditambah?

"Tapi untuk ini kita percepat 3 hari pulih. Ini manajer ada dan kita sudah rapat koordinasi,"tuturnya, di Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Bagaimana caranya melakukan pemulihan dengan cepat, Iskandar mengatakan, masyarakat diimbau untuk tidak panik karena stok elpiji 3 kg masih ada. Selain itu, perseroan tengah melakukan stabilisasi dengan operasi pasar di lokasi mana saja yang terjadi kelangkaan.

Baca juga: Langka, Kementerian ESDM Imbau PNS Jangan Pakai Gas Elpiji 3 Kg

"Di beberapa daerah sudah reda, namun kita masih belum selesai 100% di wilayah Jabodetabek. Ini yang menuju ke pulih dan kita terus lakukan upaya tidak benar kelangkaan, karena informasi kelangkaan di satu titik begitu dilakukan operasi pasar ternyata tidak ada respons sama sekali,"ujarnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini