Share

Teten Masduki Ungkap Bedanya Semangat Berwirausaha Lintas Generasi

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 320 1832002 teten-masduki-ungkap-bedanya-semangat-berwirausaha-lintas-generasi-temwKR94z2.jpg Foto: Oris/Okezone

BANDUNG - Kepala Staf Presiden Republik Indonesia Teten Masduki membuka kegiatan Enterpreneurs Wanted di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Senin (18/12/2017).

Menurutnya, kegiatan yang digagas pemerintah itu merupakan ajang untuk membangkitkan semangat berwirausaha generasi muda. Hal itu untuk membuat semangat mereka lebih mantap dalam menghadapi dunia usaha.

Dia mengungkap perbedaan semangat generasi muda saat ini dan generasi dirinya dulu. Ada perbedaan yang sangat mencolok.

"Acara ini kita gagas karena memang anak-anak muda sekarang ini masuk ke dunia enterpreneur sangat tinggi, luar biasa anak-anak muda kita sekarang," kata Teten dalam sambutannya.

Baca Juga: Hadiri "Enterpreneurs Wanted", Jokowi Temui 1.500 'Milenial' di Bandung

Hal itu menurutnya sangat berbeda dengan generasi muda di zamannya. Saat itu, generasi di zamannya lebih berhasrat menjadi pegawai, bukan pengusaha.

"Jadi ini satu lompatan (semangat) yang sangat baik," ungkapnya.

Teten mengungkap, keluhan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu soal minimnya jumlah pengusaha di Indonesia. Padahal, majunya sebuah negara bisa dilihat dari jumlah pengusahanya.

Baca Juga: Pesan JK ke Generasi Muda: Jangan Terlalu Berharap Jadi PNS

Keluhan itu membuatnya sengaja menggelar kegiatan Enterpreneurs Wanted. Tujuannya agar ke depan jumlah pengusaha Indonesia bisa lebih banyak setelah mendapatkan 'pencerahan' melalui Enterpreneurs Wanted.

Sejumlah pembicara yang dihadirkan pun diharapkan dapat memberi inspirasi bagi para peserta kegiatan yang terdiri dari siswa dan mahasiswa. Dua di antaranya adalah CEO Amarta Andi Taufan dan CEO Tokpedia William Tanuwijaya.

"Jadi nanti silakan nanti teman-teman gali ilmu mereka," ucapnya.

Yang paling beruntung bagi peserta kegiatan, menurut Teten adalah hadirnya Jokowi. Sebab, Jokowi merupakan seorang enterpreneur.

"Kita hari ini beruntung menghadirkan enterpreneur yaitu Pak Jokowi. Beliau sebelum jadi Presiden, seorang industriawan di bidang furniture," jelasnya.

Baca Juga: Keren! Ratusan Pengusaha Ikuti Seminar Internasional IAMPI di Bali

Setelah Jokowi jadi Presiden, menurutnya banyak anak muda yang tertarik untuk jadi pengusaha, salah satunya ingin menjadi pengusaha di bidang furniture.

Sementara dalam kegiatan itu, Andi dan William mendapat kesempatan untuk menjadi pembicara awal. Keduanya bercerita soal perjuangan di masa awal mereka membangun Amarta dan Tokopedia hingga menuai kesuksesan seperti sekarang.

Sedangkan Jokowi belum mendapatkan kesempatan berbicara. Jokowi yang duduk di kursi paling depan terlihat didampingi sejumlah pejabat, di antaranya Menkominfo Rudiantara, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini