Share

Jokowi ke Pengusaha Muda: Butuh Modal Berapa?

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 320 1832046 jokowi-ke-pengusaha-muda-butuh-modal-berapa-XsZdt7mF07.jpg Foto: Oris/Okezone

BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir menjadi salah seorang pembicara dalam Enterpreneur Wanted di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Kota Bandung, Senin (18/12/2017). Di sela pemaparannya tentang seputar enterpreneurship, ia memanggil para pengusaha muda yang ada di lokasi untuk naik ke atas panggung.

Sebanyak lima orang kemudian naik. Mereka adalah para siswa dan mahasiswa yang juga nyambi berwirausaha. Salah satunya, Aldi Aldinar, mahasiswa ITB.

Aldi mengaku dalam sebulan terakhir berjualan pakaian muslim. Ia menjualnya melalui marketplace karena tidak punya modal untuk membuka usaha secara offline. Jokowi kemudian bertanya.

Baca Juga: Teten Masduki Ungkap Bedanya Semangat Berwirausaha Lintas Generasi

"Berapa kira-kira (butuh) modalnya? Saya hanya tanya," kata Jokowi yang disambut tawa hadirin di lokasi.

Aldi kemudian mengaku butuh modal Rp5 juta. Tapi, itu hanya untuk modal awal. Mendengar jawaban Aldi, mereka yang ada di lokasi pun tertawa.

Berikutnya, Jokowi bertanya pada Muhammad Ardian, siswa SMA 3 Bandung. Ia sudah berbisnis sorban sejak beberapa bulan ke belakang. Ia mengaku menghadapi kendala dalam membagi waktu antara belajar dan bisnis.

"Mohon doanya saja dari semuanya, saya ingin membiayai kuliah sendiri nanti, biar enggak membebani orang tua," ungkap Ardian.

Baca Juga: Pesan JK ke Generasi Muda: Jangan Terlalu Berharap Jadi PNS

Mendengar apa yang disampaikan Ardian, ia lalu mengungkap soal anak bungsunya yang juga sedang berwirausaha. Sebab, sang anak sering tidak masuk kuliah karena mengurus bisnis. Ia pun memperingatkan sang anak bahwa kuliah itu penting. Tapi di saat yang sama, bisnis juga penting.

Yang paling menarik adalah pengakuan Affa, siswi SMA 1 Bandung. Ia memiliki bisnis penjualan tas secara online. Di saat yang sama, ia juga membantu orang tuanya berbisnis penjualan alat perlengkapan jenazah. Secara khusus, Jokowi mengomentari bisnis orangtua Affa.

"Ini satu produk yang pasarnya pasti, tapi orang sering tidak melirik. Ini saya senang," tutur Jokowi.

Jokowi lalu bercerita bahwa ia juga pernah berbisnis peti mati beberapa tahun lalu. Ia mengirim peti mati itu ke Eropa. Tapi, belakangan pengiriman peti mati itu tidak lagi berjalan.

Baca Juga: Hadiri "Enterpreneurs Wanted", Jokowi Temui 1.500 'Milenial' di Bandung

Setelah kelima pengusaha muda memaparkan usahanya, Jokowi memberikan permodalan. Menkominfo Rudiantara kemudian dipanggil untuk mendata mereka demi kepentingan pemberian modal. Tidak ketahui berapa modal yang diberikan. Tapi, ia menegaskan berapa pun modal yang diberikan, yang penting adalah mendorong semangat mereka untuk berkembang.

Jokowi juga berpesan bahwa saat ini semangat berwirausaha bisa jauh lebih mudah berkembang. Salah satunya karena ada marketplace. Meski tidak punya tempat usaha, seseorang bisa menjual produknya melalui marketplace.

"Saya kira banyak sekali peluang-peluang (mengembangkan usaha) yang ada yang bisa kita lihat," tandas Jokowi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini