Share

2 PLBN di NTT Diresmikan, Jokowi: Saatnya Mereka Selfie di Sini

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 09 320 1842583 2-plbn-di-ntt-diresmikan-jokowi-saatnya-mereka-selfie-di-sini-BafdAIUi3Z.jpg Foto: Dani Jumadil Akhir/Okezone

KUPANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara bersamaan meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Wini dan PLBN Motamasin. Peresmian ini bersamaan dengan pengisian Bendungan Raknamo.

Jokowi menyatakan, pembangunan PLBN sangat perlu dilakukan, karena menjadi wilayah terdepan Indonesia. Jangan sampai, Indonesia kalah dengan negara lain dalam hal pembangunan daerah perbatasan.

"Karena memang PLBN adalah wajah terdepan kita. Dulunya lebih jelek, sekarang lebih baik dua kali lebih. Mereka (negara tetangga) rencanakan lebih baik dari kita, sebelum dia selesai kita bangun lebih baik dari kita. Kalau kita diam saja, lama-lama keok kita kalah," kata Jokowi di Kupang, NTT, Selasa (9/1/2018).

Baca Juga:Dimulai Semester II-2018, PLBN Sota Merauke Ditargetkan Rampung dalam 2 Tahun

Jokowi pun menceritakan saat meresmikan PLBN Mota'ain pada akhir 2016 di NTT. Menurut Jokowi, kala itu PLBN Mota'ain seperti kantor kelurahan, sehingga masyarakat perbatasan lebih sering ke PLBN Timor Leste untuk melakukan swafoto atau ber-selfie ria. Namun, keadaan tersebut berbalik setelah Jokowi mengubah wajah PLBN Mota'ain.

"Selalu ini saya sampaikan pada saat saya cek pertama PLBN 3 tahun lalu di Mota'ain, saat itu saya lihat kantornya kayak kantor kelurahan, dibandingkan yang ada di Timor Leste kita kalah," beber Jokowi.

"Katanya pak Bupati Belu, orang pergi ke sana untuk selfie, sekarang di Mota'ain kebalik orang sana selfie di tempat kita," bangga Jokowi.

Baca Juga: Jadi Pusat Ekonomi Baru, Tujuan Jokowi Ciptakan Pasar di PLBN

Menurut Jokowi, sudah sepantasnya masyarakat perbatasan Indonesia bangga dengan PLBN dan melakukan aktivitas maupun ber-selfie ria di daerah perbatasan sendiri.

"Masak kita ke sana hanya untuk selfie, sekarang gantian kita selfie tempat sendiri, mereka selfie di tempat kita," tukas Jokowi.

Baca Juga: Bangun 7 Wilayah Perbatasan, Pemerintah Siapkan Rp2,51 Triliun

Sekadar informasi, pembangunan PLBN Motamssin dan PLBN Wini dilakukan secara dua tahap.

PLBN Motamasin memakan biaya Rp128 miliar di tahap I dan Rp228 miliar di tahap II.Sedangkan untuk PLBN Wini tahap I memakan biaya Rp130 miliar dan Rp178 miliar di tahap II.

PLBN Motamasin tahap I terdiri dari gedung utama, gerbang PLBN yang menghadap ke Timor Leste. Untuk tahap II akan dibangun pasar perbatasan, terminal hingga foodcourt.

Sementara PLBN Wini tahap I terdiri dari gedung utama, lopo, car wash hingga bangunan utama sisi kedatangan. Untuk tahap II akan dibangun pasar, gedung serba guna, gedung wisma Indonesia hingga rumah couple.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini