nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kontroversi Penenggelaman Kapal, Menteri Susi: Sudah Cukup!

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018 12:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 320 1843406 kontroversi-penenggelaman-kapal-menteri-susi-sudah-cukup-55z4rQ3SJl.jpg Foto: (Ulfa/Okezone)

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tampaknya ingin menyudahi silang pendapat soal penenggelaman kapal.

Hal tersebut bermula dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan yang meminta Menteri Susi untuk menyudahi penenggelaman kapal, serta fokus untuk peningkatan ekspor.

Susi tidak berkata panjang lebar soal kontra pendapat mengenai penenggelaman kapal. Dia hanya berkata singkat selama dua menit di hadapan wartawan ketika membuka paparan kinerja dan outlook KKP tahun 2018. Susi pun langsung melenggang keluar ruangan.

"Kalau urusan penenggelaman kapal Pak Jokowi sudah menjelaskan, press conference sudah cukup. Dari 2013 banyak sekali yang menjelaskan soal itu," ujarnya di Gedung Mina Bahari IV, Kamis (11/1/2018).

Baca juga: Menteri Susi: Tugas KKP Tidak Hanya Tenggelamkan Kapal!

Ke depannya, Susi mengaku akan lebih fokus kepada peningkatan kinerja dari kementeriannya. Dia tidak akan berkutat dnegan silang pendapat mengenai penenggelaman kapal.

"Dari awal sampai akhir jadi penenggelaman sudah banyak dibahas, kita sekarang kerja bagaimana meningkatkan stok ikan naik, hasil tangkapan naik, budidaya naik dan kesejahteraan meningkat," papar dia.

Selain peningkatan hasil laut, Menteri Susi juga akan fokus kepada kesejateraaan nelayan.

"Nilai tukar nelayan sudah naik dan tetep bertahan dan lain sebagainyanya yang menuju perbaikan ekonomi perikanan Indonesia," tandas Susi.

Baca juga: Menteri Susi Dilarang Tenggelamkan Kapal, Apa Komentar Jokowi, Sri Mulyani dan Rizal Ramli?

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Panjaitan yang meminta Menteri Susi untuk menghentikan aksi penenggelaman kapal, akhirnya menyulut berbagai pro dan kontra. Dia menilai saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan perlu fokus untuk meningkatkan produk ekspor perikanan Indonesia.

Pernyataan Luhut mendapatkan dukungan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ketimbang ditenggelamkan, Wapres menilai, kapal-kapal yang ditangkap dapat dilelang atau dipergunakan kembali mengingat saat ini dibutuhkan kapal-kapal penangkap ikan untuk meningkatkan ekspor.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini