Image

Harga Beras Naik, Pedagang Mengalami Penurunan Penjualan

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018, 12:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 13 320 1844466 harga-beras-naik-pedagang-mengalami-penurunan-penjualan-b5HPdFBVPY.jpg (Foto: Ant)

JAKARTA - Harga beras mengalami kenaikan yang tak kunjung turun semenjak akhir 2017. Hal ini membuat pedagang mengalami penurunan penjualan.

Salah satu penjual di Pasar Induk Kecil Kramat Jati, Nining (54) mengatakan dirinya mengalami penurunan penjualan beras selama kurang lebih dua bulan. Namun, dirinya mengaku tidak mempengaruhi harga sembako yang dia jual lainnya.

"Kira-kira dari bulan Desember, harga beras jadi naik sekitar Rp2.000 per kg. Tapi ga nentu juga. Pokoknya jadi mahal," jelas Nunung kepada Okezone di Pasar Induk Kecil Kramat Jati, Jakarta, Sabtu (13/1/2018).

Menurutnya harga beras 50 kg sendiri mengalami kenaikan hingga Rp50.000 sehingga dia harus menaikan harga terhadap beras yang dijual eceran.

Baca juga:

Kemendag Sebut Impor Beras Tak Perlu Rekomendasi Kementan

Khawatir Beras Impor Dioplos, Alasan Kemendag Pilih PPI

Menurutnya, dahulu dengan harga Rp10.000 per kg, sudah bisa mendapatkan jenis beras yang bagus. Namun, sekarang ini harga Rp10.000 hanya bisa mendapatkan beras dengan kualitas tidak terlalu bagus. Selain itu, terdapat beras dengan harga Rp8.500 tetapi kualitasnya terbilang rendah. Sekarang ini dirinya menjual beras dengan kualitas bagus seharga Rp11.000 per kg.

Selain itu, dia mengaku tidak banyak menerima komplain dari pembeli, menurutnya pembeli menganggap wajar adanya kenaikan harga beras ini. Namun, hanya berimbas pada semakin menurunnya penjualan beras itu sendiri.

Nining sendiri belum mengetahui bagaimana kelanjutan kebijakan impor. "Kalau dengan kebijakan impor sayang belum tau, belum merasakan juga. Jadi belum bisa banyak berkomentar, nantinya seperti apa juga belum tau," ungkapnya.

Menurut pendapatnya, harga beras naik dikarenakan para petani belum panen. Hal ini yang membuat pasokan beras sendiri jadi semakin sedikit sehingga harus mengalami kenaikan harga.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini