nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libur Lebaran Berdekatan dengan Pilkada, Begini Persiapan Kemenhub

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 20:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 30 320 1852359 libur-lebaran-berdekatan-dengan-pilkada-begini-persiapan-kemenhub-BpODMpqAaT.jpg Foto: Persiapan Lebaran 2018 (Yohana/Okezone)

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait persiapan mudik Lebaran tahun 2018. Hal yang berbeda dari tahun sebelumnya, mudik Lebaran di tahun politik ini akan berhimpitan dengan Pilkada serentak di sejumlah daerah.

"Apabila satu pihak dengan pihak lain itu dapat berkoordinasi dengan baik maka prasarana itu dapat dipenuhi dengan baik dan juga sarana dapat dipenuhi dengan baik karena mudik Lebaran itu agak berhimpitan dengan waktu pilkada H+7," kata dia di kantornya, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dalam Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Perwakilan Polri dan beberapa instansi lainnya pada Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018.

Baca Juga: 2 Menteri Ini Sudah Sibuk Ngurus Mudik 2018, Intip Persiapannya!

Budi menjelaskan, dalam masa mudik Lebaran nantinya akan bertepatan dengan masa kampanye. Padahal lonjakan masyarakat untuk mudik akan terjadi di masa itu. Untuk antisipasi ini salah satunya dengan mempersiapkan jalan yaknk Jakarta-Surabaya yang telah selesai dan mulai bisa digunakan.

"Secara signifikan itu adanya atau selesainya jalan Jakarta-Surabaya artinya kelancaran itu akan tercipta," ujarnya.

 Baca juga: Menteri PUPR: Mudik 2018, Tol Telah Tersambung hingga Semarang

Di sisi lain, untuk jalan di sekitar Semarang yang belum sepenuhnya bisa dioperasikan. Sehingga kata dia, pihak Jasa Marga akan segera menggenjot proyek jalan untuk akhirnya pada masa mudik mendatang sudah bisa dioperasikan.

Dalam persiapan ini juga, dia mengatakan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pemantauan pada jalan-jalan di seluruh kota pulau Jawa dalam masa persiapan mudik Lebaran. "Sehingga nantinya setelah diteliti jalan itu, masih ada waktu perbaikan prasarana tersebut," ujarnya.

 Baca juga: Mudik 2018, Menhub: Ruang Udara Masih Besar untuk Dimanfaatkan

Bersamaan dengan Kementerian PUPR, Budi mengatakan pemerintah akan menyiapkan pengaktifan rest area untuk jalur-jalur mudik, dimana titik rest area berdasarkan rekomendasi dari pemerintah daerah.

Selain itu, dalam rapat koordinasi ini juga pemerintah memutuskan untuk mengurangi pemudik yang menggunakan motor. Budi mengatakan pemudik dihimbau untuk beralih menggunakan moda transportasi bus maupun kapal. Dalam hal ini, Budi mengatakan telah berkoordinasi dengan Kementerian BUMN dan Jasa Raharja untuk ketersedian kapal dan bus.

"Motor itu bukan untuk perjalanan jauh seperti mudik. Kami juga akan himbau untuk pengemudi motor gunakan kapal dan bus. Kita sudah berkoordinasi untuk ketersediaan bus dan kapal. Bus akan kami intensifkan tahun ini," ujar dia.

Mengenai perencanaan prasarana baik laut, darat, maupun udara, dia mengatakan tak jauh berbeda dari tahun kemarin. Hanya terjadi penambahan kereta api bandara untuk aksesibilitas dari Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta maupun sebaliknya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini