nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

REI Siapkan Ratusan Ribu Rumah Murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 16:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 07 470 1856100 rei-siapkan-ratusan-ribu-rumah-murah-untuk-masyarakat-berpenghasilan-rendah-8J0V1ATK3w.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengembang yang tergabung dalam Persatuan Perusahaan Realestate Indonesia (REI) berkomitmen membangun ratusan ribu rumah pada tahun ini. Tak hanya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), juga masyarakat berpenghasilan menengah.

"Untuk rumah middle low nonsubsidi banyak sekali permintaan dari para konsumen yang membutuhkan rumah," kata Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata di sekretariat DPP REI, Jakarta.

Dia mencontohkan, sejumlah perumahan middle low di sekitar kawasan industri, kebanyakan dibeli dengan sistem bulking, yakni perusahaan yang membeli kemudian dijual lagi kepada karyawannya.

Baca Juga: Gandeng REI, Kementerian ESDM Minta Pembangunan Rumah Beratapkan Solar Panel

"Jadi tidak melibatkan perbankan. Langsung perusahaan dengan karyawan," sebutnya.

Meskipun harga lebih mahal karena karyawan harus membayar PPN 10% dan PPh 5%, besaran uang muka cicilan bisa disesuaikan dengan gaji karyawan karena karyawan langsung melakukan pembayaran cicilan ke perusahaan.

Terkait dengan perkembangan penyediaan perumahan bagi kalangan MBR, Eman, sapaan Soelaeman, meng ungkapkan, pada 2017 REI sudah membangun 206.290 unit rumah bersubsidi dan nonsubsidi sebanyak 170.000 unit. Dengan pasokan terbesar berada di Jawa Barat (24.380 unit), Jawa Timur (19.265 unit), Jakarta (17.921 unit), Sumatera Utara (13.273 unit), dan Sulawesi Selatan (12.059 unit).

Baca Juga: Batal Dibuka Jokowi, Mendagri Resmikan Rakornas dan Pameran REI 2017

“Tahun ini diupayakan 250.000-an unit,” cetusnya. Eman mengakui, kebutuhan masyarakat terhadap hunian masih tinggi. Dia optimistis terhadap target-target yang telah dicanangkan REI dalam penyediaan perumahan. Apalagi pemerintah memiliki komitmen untuk mendorong penyediaan rumah rakyat melalui Program Sejuta Rumah.

“Semangat pengembang anggota REI untuk membangun rumah subsidi sangat kuat, ini harus diapresiasi,” tegasnya.

Pembangunan rumah rakyat oleh REI, lanjut Eman, masih diprioritaskan pada hunian untuk PNS, TNI/Polri, pekerja di sekitar kawasan industri dan masyarakat sektor informal. (anton c)

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini