Image

Didatangi Ratu Maxima, Menko Darmin Sebut Tukar Pikiran

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 13 Februari 2018 13:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 13 320 1858842 didatangi-ratu-maxima-menko-darmin-sebut-tukar-pikiran-iBTw9RwHZc.jpg Menko Perekonomian Darmin Nasution. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ratu Belanda Ratu Maxima, selaku Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyempatkan berkunjung ke kantor Kementerian bidang Perekonomian. Usai melakukan pertemuan sekira 45 menit, Ratu Maxima meminta desain program inklusi keuangan yang sudah di buat 2016 terus ditingkatkan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, kunjungan Ratu Maxima sudah yang kedua kalinya. Pada 2016, dia sudah datang ke Indonesia dan ketika itu mendesain program keuangan inklusi.

"Waktu itu juga diterbitkan Perpres mengenai strategi nasional keuangan inlusi. Nah ini dia datang sekaligus untuk diskusi, tukar pikiran sekalian melihat perkembangannya gimana," tuturnya, di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Dalam pertemuan dengan Ratu Maxim, Darmin menerangkan, bahwa dalam rangka meningkatkan keuangan inklusi, pemerintah sudah buat program sosial seperti bantuan sekolah, bea siswa yang semuanya itu pakai rekening.

Baca Juga: Usai Temui Jokowi, Ratu Maxima Kunjungi Menko Darmin

Selain itu ada juga penyaluran Kredit Usaha Rakyat, Program Keluarga Harapan (PKH) bantuan non tunai semua itu pakai rekening. "Memang sejauh ini terus terang ukurannya seberapa banyak orang persentase di masyarakat kita yang sudah punya rekening dan menggunakannya," ujarnya.

Hanya saja, Darmin mengakui bahwa masih ada kekurang soal perkembangan yang dibuat oleh dunia usaha, seperti e-commerce, fintech yang datanya belum benar.

"Sehingga barang kali di diskusi tadi yang saran dia (Ratu Maxima) yang cukup jelas itu adalah Indonesia perlu kembangkan ekosistem, sehingga market base dari kegiatan ini berjalan dengan baik. Barangkali itu perbaikan yang mungkin harus dilakukan," tuturnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini