nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lapangan Kerja Senjata Pamungkas Atasi Kemiskinan

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 20 Februari 2018 11:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 20 320 1861957 lapangan-kerja-kunci-berantas-kemiskinan-DzhJ1WQKe3.jpg Konferensi Pers Indef (Foto: Feby Novalius/Okezone)

JAKARTA - Penciptaan lapangan kerja selama tiga tahun era Presiden Jokowi-JK masih belum terpenuhi. Pertambahan penduduk bekerja era Jokowi sebesar 2,1 juta penduduk sedangkan SBY sebanyak 2,6 juta.

Ekonom Senior Indef Drajad H Wibowo mengatakan, penciptaan kerja merupakan pengubah ekonomi-politik yang sangat krusial. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah kemiskinan dan ketimpangan pendapatan, kuncinya adalah pekerjaan.

 Baca juga: Negara dengan Perbudakan Modern, Ada di China hingga Uzbekistan

"Pekerjaan adalah kuncinya bukan dengan program seperti bantuan langsung tunai seperti KIP dan sebagainya. Karena Itu program mengatasi sistemnya saja," tuturnya, dalam dialog, di Kantor Indef, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

 Baca juga: Gelar Aksi Cuci Pakaian, Ini 7 Tuntutan PRT untuk Menaker

Terlihat dalam data, di mana rata-rata penduduk bekerja pada masa tiga tahun pemerintahan Presiden Jokowi lebih rendah dibandingkan masa pemerintahan SBY-Boediono. Dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi 1%, era Presiden Jokowi menciptakan 426 ribu lapangan kerja, sedangkan SBY-Boediono menciptkan lapangan kerja 467 ribu.

 Baca juga: Kemudahan Izin Tenaga Kerja Asing Bakal Tingkatkan Pengangguran?

"Masa pemerintahan Jokowi-JK 2,13 juta penduduk per tahun. Sedangkan di masa pemerintah Pak SBY mencapai 2,87 juta penduuk," tuturnya.

Dia menjelaskan, hitungan ini berdasarkan Indef yang diolah dari data BPS. Dengan perhitungan rasio penciptaan kerja sama dengan tamabahan penduduk bekerja per 1% pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan meningkatkan penduduk bekerja sebanyak 450 ribu penduduk. Jadi pada masa pemerintahan Jokowi-JK penciptaan kerja mengalami kinerja paling buruk.

(rzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini