nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejar Penerimaan Negara, Barang-Barang Kesayangan Wapres hingga Menteri Dilelang

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 13:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 26 20 1864822 kejar-penerimaan-negara-barang-barang-kesayangan-wapres-hingga-menteri-dilelang-KjOhLg4MRK.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan akan menyelenggarakan lelang sukarela sejumlah koleksi pribadi milik Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istri dan Menteri Kebinet Kerja serta beberapa pejabat negara lainnya. Ini dilakukan DJKN dalam rangka memperingati 110 tahun lelang Indonesia.

Peserta lelang ini berjumlah 18 orang yang akan menjual barangnya mulai dari Wakil Presiden serta Menteri Kabinet Kerja serta Direktur Bank BUMN lainnya.

 Baca juga: Jusuf Kalla hingga Menteri Kabinet Kerja Lelang Barang Pribadi secara Sukarela

"Lelang ini bersifat sukarela yang barang-barangnya merupakan koleksi pribadi," ungkap Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi di Jakarta, Senin (26/2/2018).

Menurutnya, lelang sukarela akan digelar pada Rabu, 28 Februari 2018 di Gedung Galeri Nasional Indonesia mulai pukul 10.00 WIB. Adapun barang yang dilelang merupakan barang yang memiliki arti khusus bagi pemiliknya.

 Baca juga: Daftar Barang Jusuf Kalla hingga Sri Mulyani yang Akan Dilelang

"Nanti akan ada sepatu, sepeda dan juga baju serta tas yang merupakan barang kesayangan dan sering digunakan oleh Bu Menteri serta yang disayangi oleh Pak JK," jelasnya.

Selain itu, dia menyebutkan penyelenggaraan lelang ini bukan hanya dalam hal pengumpulan penerimaan negara saja tapi juga menjadi bagian perekonomian Indonesia yang lebih maju.

"Hasil dari lelang sukarela ini akan disalurkan untuk kegiatan sosial sesuai referensi yang diberikan oleh pemilik barang. Sedangkan negara akan memperoleh Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari bea masuk lelang yang disetor ke kas negara," tukasnya.

Adapun beberapa pejabat negara yang akan melakukan lelang sukarela pribadi adalah,

1. Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla melelang 21 barang yang merupakan koleksi pribadi. Sebagian besar koleksi pribadi tersebut merupakan milik Mufidah Jusuf Kalla. Barang dilelang mulai dari kain tenur alor Nusa Tenggara Timur, selendang kas Bali, sarung Makassar, songket Sumatera Barat, kain tenun Bajawa Nusa Tenggara Timur, kain batik tulis Pesisir berwarna hitam, kain tenun Nusa Tenggara Timur warna merah muda, kain tenun Bali warna biru, kain Sasarangan warna hitam kombinasi.

Selanjutnya ada kain Karawo Gorontalo, satu stel baju muslim sutera warna merah, bahan bordir warna biru, baju sutera warna biru kombinasi putih, baju kurung songket Sumatera Barat, sepatu selop kulit berhak tinggi 6 cm dengan merek Etienne Aigner, sepatu kulit pantovel merek Etienne Aigner, sepatu kulit berhak tinggi 6 cm merek Aerosoles dan sepatu kulit berhak tinggi 6 cm bermerek Gucci.

Sementara itu, Jusuf Kalla melelang sepatu merek JK collection ukuran 39, dasi merek Hermes, dan dasi merek Hugo Boss. Kondisi barang dilelang pun dinyatakan kondisinya sangat bagus.

2. Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sri Mulyani lelang koleksi pribadi berupa baju batik tulis lengan panjang motif bunga merek Nena. Baju batik tulis itu berukuran M dan kondisinya bagus. Baju batik ini merupakan kesayangan Sri Mulyani. Ia sering memakai baju itu selama menjalankan tugas sebagai Menteri Keuangan. Adapun nilai limit mencapai Rp5 juta.

3. Menteri Luar Negeri Retno Lestari Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melelang sekitar tiga barang koleksinya. Pertama, satu buah barang koleksi berupa cookies jar keramik berikut tutup dari Belanda bermotif kincir, tinggi jar 10 cm dan diameter 10 cm. Diperkirakan dikoleksi pada 2012, saat menjabat sebagai Duta Besar LBBP di Den Haag, Belanda. Nilai limitnya Rp 500 ribu.

Kedua, tas handbag besar merek Givenchy berikut pouch, panjang 30 cm, tinggi 25 cm, warna hitam, kondisi bagus. Retno selalu menggunakan tas tersebut yang selalu memuat kebutuhan kerja hariannya. Nilai limitnya Rp3 juta.

Ketiga, topi piknik floppy hat, diameter 43 cm,warna coklat kombinasi hitam, dan kondisinya bagus. Retno gemar menggunakan topi, ini salah satunya didapat dari Amerika Latin. Topi ini sering dipakai oleh yang bersangkutan saat bepergian ke dalam dan luar negeri. Nilai limitnya Rp 250 ribu.

4. Menteri BUMN Rini Soemarno

Rini melelang dua barang koleksi pribadinya. Pertama berupa baju batik tulis lengan panjang, rancangan Obin batik. Baju itu bermotif parang, bahan sutera halus berukuran S, dan warna coklat. Kondisi sangat bagus. Baju tersebut dipakai pada saat pelantikan Kabinet Kerja. Nilai limitnya Rp 5 juta.

Kedua, kain batik tulis warna dasar hitam dengan motif bunga. Kondisi sangat bagus. Kain batik tersebut dibatik sendiri oleh Menteri BUMN ketika berkunjung ke Rumah Kreatif BUMN di Solo, Jawa Tengah. Nilai limit Rp 500 ribu.

5. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil

Sofyan Djalil melelang tiga barang koleksinya. Pertama, piring english porselin paintings limited edition Malcom D.Johnson, plate number 417 yang diberikan dalam rangka Celebrating 150 years prudential. Diameternya 27 cm. Kondisi sangat bagus. Nilai limitnya Rp 1,5 juta.

Kedua, sajadah merek Velteksa Turkiye. Wadah ukuran 1,2x0,6 meter dengan kondisi sangat bagus. Nilai limitnya Rp 250 ribu. Ketiga, sajadah karpet merek Royal Esfahan dengan ukuran 1,25x0,65 meter, kondisi sangat bagus. Nilai limitnya Rp 750 ribu.

6. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Airlangga melelang sepatu merek Equator berukuran 43pp dengan bahan kulit. Sepatu itu berwarna hitam dengan kondisi istimewa. Dilengkapi dengan bantalan kayu, kotak sepatu, kartu ucapan, dan booklet proses pembuatan sepatu.

7. Menteri Perhubungan Budi Karya

Budi Karya melelang tiga barang koleksi pribadinya. Barang tersebut antara lukisan menceritakan kehidupan pedesaan, berukuran 80x80 cm berikut bingkai, kondisi bagus. Nilai limitnya Rp5 juta. Selain itu, lukisan karya Arifin Yasonas (2006) tema sebuah penyesalan berlatar belakang pantai dengan langit biru berawan ukuran 100x100 cm berikut bingkai, kondisinya bagus. Nilai limit Rp 2 juta.

Selanjutnya gitar akustik berwarna coklat-kuning, kondisi bagus. Budi Karya baru-baru ini tergabung dalam band Kabinet Kerja bernama Elek Yo Band. Tentu gitar itu penting dalam perjalanan karier Budi Karya di Elok Yo Band. Nilai limitnya Rp 500ribu.

8. Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek

Nila melelang enam barang koleksi pribadinya antara lain kain songket Sumatera Barat, kain batik sutera Solo, kain ulos Sumatera Utara, kain sarimbit tenun dari Kalimantan warna merah, kain tenun Jumputan warna abu-abu, dan kain songke Manggarai Nusa Tenggara. Kondisi kain itu dalam kondisi bagus.


9. Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto

Hadiyanto melelang peralatan pingpong berupa badge dengan kayu merek Ryu Seung Min G-Ma, karet merek Butterfly Tenergy 80-FX, berwarna merah, kondisi bagus. Bahkan barang itu diserta tanda tangan asli pemilik Februari 2018. Nilai limitnya Rp1,5 juta.


10. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi

Heru Pambudi, Direktur Jenderal Bea dan Cukai melelang barang koleksi berupa sepatu dinas harian Bea-Cukai merk Felix Verguso, ukuran 41, bahan syntetic rubber, warna hitam, kondisi cukup bagus. Dilengkapi dengan kardus sepatu dinas harian Bea dan Cukai.

Sepatu ini menyimpan kisah unik berupa penipuan dan pemalsuan sepatu milik Heru Pambudi yang dimuat di Metronews pada 19 Desember 2017. Transkrip berita penipuan tersebut disertakan dalam penjualan lelang ini.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini