nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harga Avtur Naik, Menhub Evaluasi Tarif Pesawat dengan Pihak Maskapai

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 11:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 28 320 1865821 harga-avtur-naik-menhub-evaluasi-tarif-pesawat-dengan-pihak-maskapai-Pi2LkMgGKP.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga bahan bakar transportasi udara atau avtur terus melonjak cukup signifikan. Bahkan berdasarkan data Index Mundi, harga avtur pada Juli 2017 tercatat USD1,42 dan naik menjadi USD1,95 per galon pada Januari 2018. 

Dalam website Pertamina Aviation, avtur di Bandara Soekarno-Hatta saat ini mencapai harga Rp7.580 atau USD0,56 belum termasuk PPN 10% dan PPH 0,3% khusus penerbangan domestik.

Baca Juga: Industri Penerbangan RI Tumbuh Pesat, China Juaranya

Lalu apakah akan ada penyesuaian tarif batas pesawat dengan naiknya harga avtur ini?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihak ya belum ada rencana merevisi tarif atas bawah untuk pesawat. Pasalnya dia ingin melihat terlebih dahulu, apakah menaikkan batas tarif pesawat adalah langkah yang baik.

"Saya belum bisa berpikir seperti itu ya, karena world wide itu enggak ada tarif batas bawah. Kita harus pelajari dengan baik jangan sampai kita membuat aturan ternyata melanggar KPPU dan sebagainya," ungkap Menhub di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Baca Juga: Industri Perawatan Pesawat Tumbuh 9%

Untuk itu maka pihaknya akan berkordinasi dengan pihak maskapai terlebih dahulu.

"Nanti kita obrolin lagi dengan airlines. Kita mau lihat sama dengan apa yang dilakukan di luar saja, basically gitu, yang terjadi nanti kita evaluasi lagi," tukasnya.

(kmj)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini