Share

SMF Target Pendanaan KPR Rp9 Triliun di 2018

Lidya Julita Sembiring, Okezone · Jum'at 02 Maret 2018 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 470 1867001 smf-target-pendanaan-kpr-rp9-triliun-di-2018-ey1HyhzndL.jpeg Foto: Lidya Julita Sembiring/Okezone

JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menargetkan kinerja yang lebih baik di tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Di antaranya, SMF menargetkan pendanaan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) hingga Rp9 triliun di 2018.

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan Heliantopo mengatakan, untuk mencapai target ini maka pihaknya akan menambah dana dari pasar modal seperti sekuritisasi KPR hingga menerbitkan obligasi.

Baca Juga: Milenial dan Kebutuhan Perumahan

Selain itu, untuk memberikan pendanaan ini maka pihaknya juga akan mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) sekitar Rp1 triliun.

"Target obligasi kita di tahun ini kurang lebih naik 50% di atas realisasi tahun lalu," ungkapnya di Gedung SMF, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Baca Juga: Kementerian PUPR Pastikan BTN Kembali Salurkan KPR FLPP

Heliantopo menjelaskan, pada tahun lalu pihaknya telah mengalirkan dana dari pasar modal ke penyalur KPR melalui transaksi sekuritisasi dan penyalur pinjaman sebesar Rp8,24 triliun. Sedangkan untuk obligasi, tahun lalu telah diterbitkan sebesar Rp4,2 triliun. Untuk itu, di tahun ini penerbitan obligasi sekitar Rp6 triliun.

"SMF sudah terbitkan tiga kali sekitar Rp4 triliun, masih sisa sekitar Rp8 triliun di sisa waktu sampai Juni 2019. Jadi masih ada waktu cukup banyak," jelasnya.

Baca Juga: Menteri Basuki: Tukang Cukur Juga Mampu Angsur KPR

Selain itu pada tahun ini, SMF juga menargetkan laba bersih (setelah pajak) sebesar Rp410,6 miliar dengan total pendapatan mencapai Rp1,2 triliun.

Sementara itu, pada 9 Maret 2018 ini, SMF akan melakukan kerja sama dengan PT BTN dalam mengadakan seremonial pencatatan EBA-SP kelas A sebesar Rp1,82 triliun di pasar saham Indonesia atau Bursa Efek Indonesia (BEI).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini