BRI Syariah Targetkan IPO Tahun Ini

ant, Jurnalis · Senin 05 Maret 2018 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 05 278 1868208 bri-syariah-targetkan-ipo-tahun-ini-HLm7hqEiIH.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Bank BRI Syariah merencanakan untuk mencatatkan sahamnya di di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) pada tahun 2018.

Direktur Utama PT Bank BRI Syariah Mochamad Hadi Santoso mengatakan bahwa melalui aksi korporasi itu pihaknya akan melepas 30 persen sahamnya ke publik,sehingga diharapkan perusahaan juga masuk ke dalam kelompok Bank berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) 3.

"Pokoknya, IPO ini untuk naik ke BUKU 3," ujarnya di Jakarta, Senin (5/3/2018).

Baca Juga: Sukuk Mudharabah Jadi Acuan IPO BRI Syariah

Dalam Peraturan Otoritas Jasa keuangan Nomor 6/POJK.03/2016 tentang Kegiatan Usaham Dan Jaringan Kantor Berdasarkan Modal Inti Bank, disebutkan BUKU 3 adalah Bank dengan Modal Inti paling sedikit sebesar Rp5 triliun sampai dengan kurang dari Rp30 triliun.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan per 31 Desember 2017, BRI Syariah memiliki modal inti mencapai Rp2,452 triliun.

Baca Juga: BRI Terbitkan Sukuk Mudharabah Subordinasi Rp1 Triliun

Dia menambahkan bahwa perseroan menggunakan buku audit Desember 2017 sebagai salah satu syarat dalam IPO itu. BRI Syariah menunjuk empat perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi (underwriter), yakni Bahana Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Indo Premier Sekuritas dan CLSA Sekuritas Indonesia.

Sementara itu, Direktur Danareksa Sekuritas, Boumadiene mengatakan bahwa diharapkan pencatatan saham BRI Syariah di BEI pada Mei tahun ini. Dana yang dibidik perseroan dalam pelaksanaan IPO saham sekitar Rp1 triliun.

Baca Juga: Fokus Proyek Infrastruktur, BRI Syariah Targetkan Kredit Rp18,8 Triliun

Pihak underwriter, lanjut dia, berencana menawarkan saham BRI Syariah kepada investor regional dan domestik untuk memperluas target potensial investor institusi.

Dalam data BEI, sepanjang 2018 ini baru terdapat dua perusahaan yang telah resmi mencatatkan sahamnya di BEI melalui IPO, yakni PT LCK Global Kedaton Tbk, dan PT Borneo Olah Sarana Sukses Tbk.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini