Share

Kisah Perry Warjiyo, Anak Petani yang Jadi Bos Bank Indonesia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 28 20 1879060 3-kali-gagal-perry-warjiyo-semua-indah-pada-waktunya-GdLS0gPjEw.jpeg Uji kepatutan dan kelayakan Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia oleh Komisi XI DPR RI (Foto: Yohana/Okezone)

JAKARTA - Komisi XI DPR RI tengah melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) kepada Perry Warjiyo yang menjadi calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI).

Dalam acara yang dipimpin Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Marcus Mekeng, Perry memaparkan visi, misi, dan strateginya. Usai menyampaikan paparannya yang bertemakan memajukan ekonomi nasional, menjaga stabilitas, mendorong pertumbuhan, Perry pun berkisah tentang dirinya.

Dia tak menyangka ada di posisi saat ini. Perry mengisahkan, dirinya berasal dari keluarga petani, yang sangat tidak mampu. Namun dalam perjalanannya, dia pun sempat dipercaya DPR menjadi Deputi Gubernur BI sejak 5 tahun terakhir.

Baca Juga: Perry Warjiyo: Saya Mengagumi Kepemimpinan Agus Marto

"Dengan sepenuh hati, Bapak, Ibu sekalian saya ini  adalah orang desa, orang petani, dari keluarga sangat miskin, itulah perjalanan saya dari desa sampai kemudian Alhamdulliah 5 tahun lalu juga saya duduk di sini juga lakukan fit and proper test sebagai Deputi Gubernur," kisahnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Kata dia, posisi Deputi Gubernur BI tersebut pun dijabatnya setelah 3 kali tidak berhasil dalam menjalani fit and proper test. Namun, hal inilah yang membuat dia belajar untuk berkomunikasi politik.

"Itu membuat belajar bagaimana kita berkomunikasi politik. Dan terima kasih Bapak, Ibu yang 5 tahun lalu mendukung saya menjadi Deputi Gubernur BI," ujarnya.

Baca Juga: Jadi Calon Tunggal Gubernur BI, Perry Warjiyo: Terima Kasih Pak Presiden

Selama saat itu pula, kata dia, dirinya telah melaksanakan amanah dengan baik. Bagaimana telah menjalankan mandat BI dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Di sinilah saya untuk menjalani rapat seperti ini, tentu saya dengan bekal 34 tahun di BI, begitu banyak sudah dibaktikan untuk BI, perekonomian nasional maupun internasional. Itulah bekal kami untuk mengabdi. Insya Allah kalau ini menjadi suatu amanah saya, kami akan tunaikan dengan amanah dan barokah," ungkapnya.

Dia pun menegaskan, dalam mengemban tugas Gubernur BI nanti, dedikasi dan integrasinya akan diberikan untuk BI juga Indonesia.

Baca Juga: Calon Tunggal Gubernur BI Perry Warjiyo Jalani Fit and Proper Test Hari Ini

"Tentu hanya satu dedikasi dan integrasi, seluruh hidup kami, akan kami baktikan tidak hanya untuk BI juga Indonesia," pungkasnya.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua Komisi XI yang akrab disapa Mekeng menyatakan, tak ada yang bisa menyangka jalan hidup seseorang. Kata dia, bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun berasal dari desa. 

"Pak Perry, hidup kita memang enggak ada yang disangka-sangka. Presiden Jokowi juga dari desa, enggak ada yang sangka jadi  presiden," jelasnya.

Dia pun menyatakan kepada Perry, semua kan indah pada waktunya.  "Semua akan indah pada waktunya, kalau Tuhan berkenan kapan pun bisa," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini