nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag Turunkan 200 Orang ke Pasar hingga H-1 Lebaran demi Jaga Harga

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 19:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 28 320 1879272 mendag-turunkan-200-orang-ke-pasar-hingga-h-1-lebaran-demi-jaga-harga-sTURbJas06.jpg Foto: Mendag Turunkan 200 Orang Jaga Harga Pangan (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen untuk menjaga harga bahan pokok tetap stabil menjelang Hari Raya Lebaran 2018. Untuk itu maka semua pelau usaha yang belum menerapkan Harga Ecera Tertinggi (HET) untuk empat bahan pokok segera menetapkan dan paling lambat 1 April 2018.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan stok barang yang akan memenuhi kebutuhan pasar baik di pusat maupun di daerah.

"Nanti kami tugaskan 200 staf Kemendag ada berada di pasar sampai H-1 untuk pastikan stok ada harga stabil. Didampingi satgas," ungkapnya di Kemendag, Rabu (28/3/2018).

 Baca Juga: Mendag: 1 April, Pelaku Usaha Wajib Terapkan HET Bahan Pokok

Bahkan, pegawai Kemendag mulai dari eselon I hingga eselon III bekerja dan turun langsung ke lapangan untuk memastikan stok aman dan harga stabil di pasar.

"Di Kemendag semua eselon satu punya tugas untuk pantau (harga dan stok) berdasarkan wilayah provinsi yang ditetapkan. Bu Irjen itu di Sumsel dan provinsi lain. Kordinator lapangan-nya eselon II nanti masuk sampai kabupaten kota. Mereka yang bertanggung jawab. Koordinator dan memonitor adalah Dirjen PDN," jelasnya.

 Baca Juga: Wapres JK: Kalau Kurang, Kita Impor

Sementara itu, dia mengatakan nantinya para petugas satuan tugas (satgas) diminta untuk berseragam. Namun, dia menekankan bahwa para pengusaha tak perlu khawatir karena kalau punya stok barang, gudang terdaftar, tidak ada satupun yang menyentuh.

"Tapi kalau harga naik, di pasar tidak ada (stok), ada di gudang itu mimbun. Kami akan pantau terus itu," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini