Image

Modal Investasi Pinjam Orang Tua, Kenapa Enggak?

Ulfa Arieza, Jurnalis · Senin 16 April 2018 06:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 15 320 1886937 modal-investasi-pinjam-orang-tua-kenapa-enggak-MBcgRCsp5R.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Masalah yang sering dihadapi ketika ingin berinvestasi paling sering ditemui adalah modal investasi. Apalagi, bagi investor pemula yang belum memiliki penghasilan.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, sumber dana investasi tidak memiliki batasan, artinya bisa dari segala sumber. Dengan catatan, modal tersebut bukanlah bagian dari arus kas yang dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut sebagai antisipasi apabila investasi yang dilakukan tidak sesuai ekspektasi.

Baca Juga: Aturan Main bagi Investor Pemula agar Untung

"Sebaiknya adalah uang nganggur yang seandainya hilang maka tidak akan ganggu cashflow sehari-hari," ujarnya kepada Okezone.

Andi juga tidak melarang jika orang tua meminjamkan anak mereka modal investasi. Asalkan investasi yang dilakukan oleh sang anak sudah memiliki pertimbangan dan perhitungan yang tepat. Orang tua juga harus memastikan, modal yang diberikan benar-benar digunakan anaknya untuk investasi.

Baca Juga: Biaya Nikah dengan Utang, Awas Bikin Pusing

"Bila tujuan orang tua meminjamkan adalah untuk mengajari sang anak berinvestasi silakan saja. Atau semisal si anak juga sudah yakin bahwa investasinya akan bisa segera balik modal dan mengembalikan dana yang dipinjam dari orang tuanya, ya sah-sah saja," tutup dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini