Image

Menpan RB Mau ASN City Dibangun Tahun Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 16 April 2018 21:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 16 320 1887466 menpan-rb-mau-asn-city-dibangun-tahun-ini-NTWRiTXIAv.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah berencana membangun komplek perumahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau ASN City. Wacana tersebut dilontarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur setelah menerima usulan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan, wacana pembangunan komplek perumahan khusus PNS tersebut nantinya akan terus dimatangkan dengan sejumlah pihak. Ditargetkan pembangunan ASN City bisa dimulai pada tahun ini. 

"Tadi sore Presiden memimpin rapat penyediaan rumah untuk ASN di Kantor Presiden. Jadi sebentar lagi kami (pemerintah) akan mewujudkan komplek perumahan khusus ASN atau PNS (ASN City). Sekarang masih kita buat konsepnya mudah-mudahan bisa segera kita launching. Kita targetkan tahun ini," ujarnya saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Baca Juga : Jangan Persulit Izin, Mendagri Minta Pemda Dukung Sektor Properti

Lebih lanjut Asman  menambahkan, dengan adanya ASN city diharapkan kemampuan ASN dalam memiliki rumah meningkat. Karena menurutnya masih banyak sekali ASN yang belum memiliki rumah karena tidak sanggup untuk membayar cicilan rumah. 

Tak hanya itu, dengan adanya ASN city juga diharapkan bisa memaksimalkan kinerja dari aparatur negara dalam melayani masyarakat. Karena menurutnya, selama ini kinerja ASN masih terhambat oleh jauhnya tempat tinggal para ASN/PNS. 

"Kita wujudkan dalam bentuk perumahan yang terjangkau oleh ASN. Karena selama ini kan kita belum terintegrasi dengan pembangunan komplek ASN lah katakan. Jadi nanti peluang ASN dan kemampuan menyicil bisa lebih mudah,"  jelasnya.

Untuk memudahkan pembiayaannya, nantinya pemerintah akan menggandeng perbankan milik BUMN. Sehingga diharapakan, para ASN tidak lagi kesulitan mencari bank untuk melakukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

"Nah ini akan kolaborasikan dengan BUMN supaya lebih terjangkau oleh ASNnya.Jadi diharapkan Bank yang cari kita bukan kita yang cari bank," ucapnya. 

Baca Juga : Mengupas Rumah Murah untuk Seluruh Daerah

Asman melanjutkan, pembangunan komplek perumahan ASN akan dilakukan diseluruh daerah dan akan disesuaikan daerahnya masing-masing. Untuk kota besar seperti di Jakarta akan dibangun komplek hunian berupa apartemen, sedangan di daerah yang relatif lebih kecil akan dibangun rumah tapak. 

"Untuk di kota  kota besar itu mungkin akan lebih kepada vertikal. Kabupaten mungkin bisa landed house," ucapnya. 

Menurut Asman, sebagai tahap awal nantinya pemerintah akan terlebih dahulu membangun 950 ribu hunian. Nantinya 950 ribu hunian tersebut akan dilengkapi dengan komunitas center dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

"ASN city dilengkapi komunitas center dan lainnya. Dampak ekonomi akan menciptakan peluang baru terhadap bisnis properti di sekitarnya," jelasnya.

 

 (feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini