Capex Astra Naik Jadi Rp3 Triliun, untuk Suntik Go-Jek?

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 18 278 1888383 capex-astra-naik-jadi-rp3-triliun-untuk-suntik-go-jek-gUcZG1Qxeh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) menyiapkan belanja modal atau capital expenditur (capex) sebesar Rp25 triliun tahun ini. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu sebesar kurang lebih Rp22 triliun.

Head of Investor Relations PT Astra International Tbk (ASII) Tira Adianti mengatakan mayoritas belanja modal akan dialokasi untuk anak usaha yang bergerak di bidan alat berat,PT United Tractors Tbk (UNTR).

"Tahun kemaren Rp15 triliun itu di luar investasi, kalau dengan investasi kira-kira Rp22 triliun. Tahun ini kira-kira kalau dengan investasi ya rangenya antara Rp25 triliun," ujarnya di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Tira menjelaskan, untuk UNTR perseroan akan memberikan capex hampir 50% dari capex 2018. Porsi mayoritas tersebut disesuaikan dengan bisnis UNTR yang mulai kembali bergairah seiring dengan kenaikan harga batu bara dunia.

Baca Juga: 2 Komisaris dan 1 Direktur Astra International Mengundurkan Diri, Siapa Saja?

"Waktu harga komoditas turun kan dia (UNTR) juga disesuaiin investasinya turun. Jadi ini keliatan naik sebenarnya enggak naik, back to normal harga batu bara," kata dia.

Disinggung mengenai rencana investasi di luar Astra Group, Tira belum memberikan jawaban. Saat ini, perseroan baru menggunakan jatah investasi dari capex untuk investasi di luar Astra Group untuk suntikan modal kepada perusahaan penyedia layanan transportasi, Go-Jek. "Suntikan modal belum tahu, nanti kita lihat kuartal I," kata dia.

Seperti diketahui perusahaan baru saja menanamkan modal sebesar USD150 juta atau sekira Rp2 triliun jika mengacu kurs Rp13.500 per USD di Go-Jek. Kerjasama dengan Go-Jek sejalan dengan komitmen Astra untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia.

{Capex} Astra Naik Jadi Rp3 Triliun, untuk Suntik Go-Jek?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini