nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendaftaran dan Seleksi CPNS 2018 Akan Terintegrasi, Begini Rinciannya

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 11 Juli 2018 11:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 11 320 1920777 pendaftaran-dan-seleksi-cpns-2018-akan-terintegrasi-begini-rinciannya-w7bKfVGw1B.jpeg Rakornas BKN (Foto: Giri/Okezone)

TANGERANG - Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Rencananya pendaftaran ini akan mulai diumumkan pada bulan ini.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Iwan Hermanto mengatakan, ada yang berbeda pada pembukaan seleak CPNS 2018 pada tahun ini. Perubahan yang dimaksud adalah pendafataran dan pelaksanaan seleksi CPNS akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi.

Antrean Warga dan PNS Pemprov DKI Berlebaran dengan Anies-Sandi di Balai Kota 

Maksudnya adalah, seluruh pendaftaran dan seleksi CPNS benar benar akan dikelola melalui satu website yang dikelola oleh BKN yakni www.sscn.bkn.go.id. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam proses penerimaan CPNS 2018 tahun ini.

Seperti diketahui pada pendaftaran tahun lalu, masing-masing Kementerian dan Lembaga membuka website pribadi sendiri untuk mendaftar. Akhirnya, hal tersebut pun sempat menimbulkan kekisruhan yang berujung pada kecurigaan publik.

Baca Juga: Mekanisme Baru Penerimaan CPNS 2018, Teliti Lagi Perbedaannya

"Pendaftaran CPNS 2017 akan dilakukan terintegrasi melalu protap nasional (www.sscn.bkn.go.id) dan tidak ada pendaftaran melalui proyek mandiri oleh instansi," ujarnya saat ditemui dalam acara Rakornas BKN di Gedung ICE BSD, Tangerang, Rabu (11/7/2018).

Sementara untuk seleksi CPNS 2018 Iwan juga menyebut jika proses seleksi ini nantinya akan juga terintegrasi. Dalam proses seleksi nantinya hanya akan diselenggarakan lewat BKN dengan mekanisme Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis Komputer Assisted Rest (CAT).

Selama Ramadan PNS DKI Jakarta Pulang Lebih Awal 

"Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik," jelasnya.

Menurut Iwan, dengan kebijakan tersebut diharapkan proses seleksi bisa lebih cepat dan kredibel. Sebab, semua proses seleksi dan pendaftaran hanya melalui satu pintu dan dalam waktu yang bersamaan.

"Dengan perubahan mekanisme ini, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran satu pintu," tegasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini