nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Berani Buka Usaha Warnet? Jangan Takut, Ini Tipsnya

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Senin 13 Agustus 2018 06:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 08 11 320 1935171 masih-berani-buka-usaha-warnet-jangan-takut-ini-tipsnya-S5nPDHVVud.jpg Foto: Reuters

JAKARTA - Tidak semua orang memiliki fasilitas modem atau jaringan internet di rumah. Ada juga yang membutuhkan internet, tetapi hanya untuk jangka waktu tertentu saja, misalnya para mahasiswa atau pelajar.

Dewasa ini, mahasiswa dan pelajar membutuhkan internet untuk mencari bahan tugasnya atau sekedar untuk mencari informasi tertentu.

Bermacam informasi bisa diakses melalui Internet. Namun masalahnya, tidak semua orang mempunyai akses internet.

 

Maka, hadirilah warung internet (Warnet) sebagai problem solver atau alternatif pemecahan masalah tersebut. Sekarang bisa kita lihat berbagai usaha warung internet menjamur di mana-mana.

Warnet semakin ramai dikunjungi dari masa ke masa. Warnet bisa menjadi salah satu alternatif usaha untuk menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus memiliki orientasi pasar yang cukup luas.

Berikut cara memulai bisnis warnet, seperti dikutip Okezone dari buku 10 Bisnis Paling Prospektif 2010-2020 karya Raihana Salsabila:

Persiapan Menjalankan Bisnis

1. Perlengkapan yang memadai, seperti komputer dengan spesifikasi dan jumlah yang cukup, akses jaringan Internet, bilik-bilik yang nyaman dan terjaga secara privacy, serta perlengkapan lainnya.

2. Modal yang cukup untuk investasi tempat dan peralatan-peralatan.

3. SDM sebagai penjaga warnet. Tentunya harus memilih orang yang memahami teknologi informasi dan ilmu komputer dengan baik. Selain itu, harus memiliki kesiapan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggan.

 UNBK Terkendala Terbatasnya Peralatan Komputer

4. Pemilihan tempat usaha diusahakan berada di tempat strategis dan banyak dikunjungi orang, misalnya di sekitar sekolah, kampus, kompleks perumahan, dan sebagaianya.

Tips Menjalankan Usaha

1. Berikan potongan harga atau diskon harga warnet padasaat pembukaan usaha, biasanya berlaku dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu minggu atau satu bulan. Pemberian diskon ini akan menarik banyak pengunjung sehingga bisa mengenalkan warnet dan fasilitas yang diberikan.

2. Buat promosi kepada masyarakat lewat berbagai media, bisa koran lokal atau berita kawasan. Baik juga berpromosi dengan menyebar brosur, pamflet atau leaflet ke target pasar yang dituju.

3. Berikan pelayanan memuaskan, misalnya petugas jaga yang selalu sigap melayani pelanggan, ruangan yang nyaman sekaligus bersih, sediakan tempat tersendiri untuk pelanggan merokok.

4. Berikan harga spesial yang lebih murah untuk pelanggan yang akan menggunakan Internet dalam waktu lama. Misalnya paket 3 jam, 5 jam, dan paket di malam hari.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini