nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kiat Mendapatkan Pinjaman untuk Modal

Agregasi Cekaja.com, Jurnalis · Senin 13 Agustus 2018 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 08 12 320 1935454 kiat-mendapatkan-pinjaman-untuk-modal-xAtlur0Y43.jpg Foto: Tips mendapatkan pinjaman modal (Shutterstock)

JAKARTA - Bagi Anda sebagai pebisnis, pastinya ingin usahanya berkembang maju dan lebih baik lagi. Banyak cara mengembangkan usaha, mulai dari memperbesar toko atau ekspansi membuka toko baru. Akan tetapi, sebelum melakukan itu semua, Anda tentu memerlukan modal.

Nah, jika Anda tidak mempunyai modal yang cukup, Anda bisa mendapatkannya dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman dari bank. Berikut kiat-kiat mendapatkan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha.

Buatlah konsep pengembangan usaha yang menarik

Sebelum mengajukan pinjaman ke investor atau perbankan, Anda terlebih dahulu harus membuat konsep pengembangan usaha yang menarik. Buatlah ide-ide yang menarik yang belum ada di pasar luas. Misalnya, jika usaha makanan buatlah menu baru atau konsep toko yang unik.

Dengan ide tersebut, maka para investor dan perbankan juga akan ikut tertarik meminjamkan modal untuk pengembangan usaha Anda. Apalagi, jika Anda menjabarkan prospek keuntungan, maka investor dan perbankan tidak akan pikir panjang lagi meminjamkan modal untuk pengembangan usaha.

Buatlah manajemen usaha yang terorganisir

Setelah menjabarkan ide pengembangan usaha Anda, Anda juga harus menjabarkan manajemen dalam usaha Anda yang terorganisir. Dan, sebelum mengajukan pinjaman ke investor dan perbankan, Anda harus mengupayakan manajemen usaha Anda terorganisir dengan baik.

Dalam artian, harus ada struktur karyawan. Selain itu, laporan penjualan dan keuangan harus terstruktur dengan rapi. Dengan begitu, para investor dan perbankan akan mudah mengerti dan dengan senang hati akan meminjamkan modal untuk pengembangan usaha.

Usahakan punya rekening atas nama perusahaan

Jangan satukan transaksi keuangan usaha Anda dengan rekening pribadi Anda. Sebab, jika menggunakan rekening pribadi, para investor dan perbankan tidak akan mudah percaya. Karena, bisa saja Anda gunakan pinjaman modal tersebut untuk kepentingan pribadi.

Maka dari itu, usahakan membuat rekening atas nama usaha Anda sendiri. Sehingga, investor dan perbankan akan percaya bahwa uang yang Anda pinjam untuk mengembangkan usaha Anda.

Memiliki mitra bisnis yang kuat

Anda bisa saja serba sendiri dalam mengembangkan usaha. Namun, alangkah lebih baik jika Anda bisa mencari mitra bisnis. Nah, carilah mitra yang memang sudah berhasil membangun usaha. Atau carilah mitra bisnis yang menjadi figur kuat di daerah Anda.

Dengan begitu, jika Anda memiliki mitra yang kuat, maka akan memberikan jaminan kepada investor dan perbankan bahwa prospek pengembangan bisnis ke depannya akan gemilang.

Manfaatkan pinjaman tanpa agunan

Anda bisa memanfaatkan fasilitas perbankan dalam mencari modal. Salah satunya, Kredit Tanpa Anggunan (KTA). Dengan KTA, Anda dapat memperoleh pinjaman modal tanpa harus menggunakan jaminan.

Dengan begitu, KTA merupakan jalan keluar bagi Anda yang membutuhkan dana tapi tidak memiliki agunan yang memadai. Anda bisa mengajukan KTA secara online di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan produk KTA dari berbagai bank.

(ulf)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini